Nakita.id - Di Bab 6 Bahasa Indonesia SMA kelas 11 kurikulum merdeka, ada materi mengenai pemahaman karya tulis ilmiah.
Karya tulis ilmiah yang dibahas membahas mengenai mempromosikan konservasi alam dan cara mempersiapkan penyajian karya ilmiah menggunakan aplikasi presentasi.
Ketentuan ilmiah yang perlu dipahami adalah bersifat fakta dan disajikan dengan metode penulisan.
Ada beberapa metode mencari tahu fakta dari suatu hal.
Bisa melalui hasil pengamatan, eksperimen, maupun kajian pustaka.
Banyak yang mengira karya ilmiah ini hanya mengetahui sains dan teknologi.
Padahal, tidak hanya terbatas itu.
Permasalahan yang ditulis dalam karya ilmiah dapat juga tentang ilmu pengetahuan sosial, sastra, sejarah, budaya, dan
alam sekitar.
Kali ini, peserta didik diminta membaca karya ilmiah yang berjudul 'Status Kondisi Terumbu Karang di Teluk Ambon' karya Terry Indrabudi dan Robert Alik.
Kemudian, peserta didik diminta menjawab pertanyaan yang ada.
Berikut ulasan mengenai soal dan kunci jawaban Kegiatan 2 halaman 180 Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 kurikulum merdeka.
a. Berdasarkan peta yang terdapat pada karya ilmiah tersebut, di manakah lokasi terumbu karang yang diteliti?
Jawaban: Teluk Ambon
b. Mengapa kondisi terumbu karang itu diteliti? Jelaskan jawabanmu.
Jawaban: Agar dapat melihat kondisi terkini dari terumbu karang.
Hasil penelitian ini akan dibandingkan dengan penelitian sebelumnya untuk melihat dampak sedimen dan polutan terhadap biota di lokasi tersebut.
c. Apa yang menyebabkan penurunan penutupan karang hidup? Jelaskan jawabanmu.
Jawaban: Meningkatnya sedimen dan polutan yang masuk ke perairan.
d. Mengapa aktivitas perkapalan mempunyai andil dalam kerusakan terumbu karang?
Jawaban: Karena jangkar kapal yang mengenai terumbu karang dapat merusak terumbu karang tersebut.
Emisi buangan dari mesin kapal juga merusak terumbu karang.
e. Sebutkan stasiun-stasiun pengamatan yang mengalami peningkatan penutupan karang di tahun 2015 dibanding tahun 2012!
Baca Juga: Penjelasan Unsur-unsur Pembangun Pembentukan Drama, Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Jelaskan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang hal itu berdasar kan karya ilmiah di atas!
Jawaban: Tutupan karang meningkat di St. Liliboy, St. Eri, dan St. Batu Capeu.
Peningkatan penutupan karang di ketiga stasiun itu karena kualitas perairan relatif lebih baik.
Selain itu, di St. Eri dukungan peran pemerintah daerah dalam mengembangkan pariwisata mengakibatkan penduduk sekitar turut menjaga kondisi perairan.
Di St. Batu Capeu, penduduk semakin sadar untuk tidak menangkap ikan menggunakan potassium dan bom.
f. Perhatikan grafik dan teks pada St. Liliboy (Gambar 2) dan St. Hative (Gambar 3). Tuliskan perbedaan pada kedua teks tersebut!
Jawaban: Grafik dan teks pada St. Liliboy (Gambar 2) dan St. Hative Besar (Gambar 3) menunjukkan perbedaan persentase komponen pasir (sand [S]) yang berbeda.
Pada St. Hative Besar dijumpai pasir sebanyak 57,4%, sedangkan di St. Liliboy hanya terdapat 4% pasir (sand [S]).
Catatan: Peserta didik dapat juga menjelaskan perbedaan lain, misalnya pada Coral Massive (CM) dan Coral Encrusting (CE).
Itulah dia kunci jawaban soal Kegiatan 2 halaman 180 Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 kurikulum merdeka.
Semoga bermanfaat!
Si Kecil Tak Mau Tampil? Ini Cara Mengatasi Anak yang Malu Tampil di Depan Umum
Penulis | : | Kirana Riyantika |
Editor | : | Kirana Riyantika |
KOMENTAR