Nakita.id - Di mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas 11 kurikulum merdeka, peserta didik diminta memahami karya ilmiah.
Melansir KBBI, karya ilmiah merupakan karya tulis yang dibuat dengan prinsip-prinsip ilmiah berdasarkan data dan fakta.
Pengamblan data berdasarkan fakta ini bisa melalui metode observasi, eksperimen, hingga kajian pustaka.
Tujuan penulisan karya ilmiah adalah menyampaikan informasi berdasarkan fakta kepada para pembaca.
Peserta didik diminta membaca karya ilmiah berjudul 'Karakteristik Vegetasi Habitat Orang Utan (Pongo pygmaeus morio) di Hutan Tepi Sungai Menamang, Kalimantan Timur'.
Setelah membacanya, diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan. Berikut ulasan mengenai soal dan kunci jawaban Kegiatan 2 halaman 198.
Harap menggunakan kunci jawaban ini secara bijak.
Peserta didik bisa mengerjakan sesuai kemampuan terlebih dahulu, baru kemudian mencocokkannya dengan kunci jawaban untuk mengetahui sejauh mana pemahaman.
Selain itu, ini bisa juga dijadikan panduan orangtua dalam menemani anak belajar.
1. Pada bagian abstrak, apakah kalian mendapatkan informasi mengenai topik pembahasan, lokasi penelitian dan tujuan penelitian?
Jika ya, sebutkan hal-hal tersebut.
Jawaban: Topik pembahasan pada karya ilmiah tersebut adalah seputar karakteristik vegetasi habitat orang utan.
Untuk lokasi penelitian berada di hutan tepi Sungai Menamang, Kalimantan Timur.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui komponen vegetasi habitat dari orang utan.
2. Pada bagian pendahuluan, apakah rumusan masalah dan manfaat penelitian diuraikan sesuai kaidah penulisan karya ilmiah?
Jelaskan jawaban kalian.
Jawaban: Pada rumusan masalah karya ilmiah tersebut, sudah sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah.
Ini terlihat dari uraian yang dijelaskan sudah detail mengenai alasan penelitian dilakukan.
Peneliti bermaksud menjaga kelestarian kawasan hutan tepi sungai sebagai refuge area sekaligus habitat alternatif bagi satwa liar terdampak pembangunan.
Oleh karena itu, dilakukanlah penelitian karakteristik vegetasi untuk dapat mendukung perilaku orang utan pada habitat tersebut.
Manfaat lainnya yaitu untuk memperkirakan kesesuaian preferensi habitat orang utan.
3. Mengapa hutan tepi Sungai Menamang dipilih untuk penelitian ini?
Apa pendapat kalian mengenai peta lokasi yang terdapat pada karya ilmiah di atas?
Jawaban: Lokaso penelitian yang dipilih adalah hutan tepi Sungai Menamang karena pada tempat itu ada orang utan spesies morio.
Peserta didik bisa menambahkan pendapat mengenai peta lokasi karya ilmiah tersebut.
Misalnya, mengusulkan supaya penulis menambahkan peta lokasi lantaran gambarnya belum terlalu jelas, dan sebagainya.
4. Sebutkan hipotesis peneliti yang menjadi bagian dari kerangka teoretis pada karya ilmiah di atas.
Jawaban: Pada bagian pendahuluan karya ilmiah itu, tertulis:
“Apabila tidak ditindaklanjuti, kondisi demikian akan berakibat pada semakin berkurangnya lebar dan luasan hutan.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik vegetasi hutan tepi Sungai Menamang yang meliputi keanekaragaman jenis, serta komposisi dan struktur vegetasi.”
Hipotesis dari peneliti mengenai penelitian tersebut adalah jika karakteristik vegetasi hutan tepi Sungai Menamang tidak diketahui, maka akan memberikan dampak pada hutan.
Akan sulit untuk menjaga lebar dan luasan hutan dengan informasi keanekaragaman jenis, serta komposisi dan struktur vegetasi yang rendah.
Itulah dia penjelasan mengenai Kegiatan 2 halaman 198, Bahasa Indonesia SMA kelas 11 kurikulum merdeka. Semoga bermanfaat!
Baca Juga: Penjelasan Unsur-unsur Pembangun Pembentukan Drama, Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka
Si Kecil Tak Mau Tampil? Ini Cara Mengatasi Anak yang Malu Tampil di Depan Umum
Penulis | : | Kirana Riyantika |
Editor | : | Kirana Riyantika |
KOMENTAR