Nakita.id - Pada bab 4 buku Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA kelas XI kurikulum merdeka, ada bahasan mengenaik teks rekon.
Teks rekon merupakan teks cerita ulang.
Teks rekon juga memiliki salah satu bentuk lainnya, yaitu teks berita faktual.
Seiring perkembangan teknologi dan informasi, teks berita semakin mudah untuk dipublikasikan. Media massa bermunculan.
Gagasan dan pandangan dalam teks berita yang termasuk dalam satu topik yang sama pun makin beragam.
Peserta didik diminta membaca teks berita berjudul "Bumi Kardus: Menjaga Bumi dengan Kreasi Daur Ulang Sampah Kardus".
Kemudian, tulis kutipan yang ada pada teks di kolom pertanyaan.
Serta, peserta didik diminta mengidentifikasi fakta dan opini.
1. Ada banyak sampah yang bisa didaur ulang, seperti plastik, kaleng, dan kardus : Fakta.
2. Selain membuat karya dari kardus, Sanjaya Arifin, CEO Bumi Kardus, mengatakan bahwa mereka juga memberikan edukasi kepada masyarakat melalui workshop mengenai pemanfaatan limbah kardus : Fakta.
3. Sayangnya, kesadaran daur ulang limbah kertas dan kardus masih minim dan perlu ditingkatkan mulai dari lingkup rumah tangga hingga lingkungan perkantoran agar tidak tercampur dengan sampah-sampah organik: Opini.
Baca Juga: Langkah Mengevaluasi Teks Berita, Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka
4. “Selain itu, penggunaan media kardus memiliki tantangan yang menarik karena sejauh ini penilaian masyarakat umum, kardus hanya bisa digunakan untuk packaging saja. Hal ini mendorong tim Bumi Kardus untuk terus berinovasi mewujudkan imajinasi dengan media kardus,” imbuhnya : Opini.
5. Melalui beberapa karyanya, Bumi Kardus sudah menciptakan banyak kreasi dari daur ulang sampah kardus: Fakta.
6. Bumi Kardus juga mendapat kepercayaan dari event organizer untuk instalasi dekorasi event skala nasional dan internasional: Fakta.
Jawaban di atas bisa dikembangkan peserta didik.
Bila jawaban peserta didik mendekati kunci jawaban tersebut, maka bisa dianggap benar.
Itulah dia kunci jawaban tabel 4.2 mengidentifikasi antara fakta dan opini dalam teks berita berjudul "Bumi Kardus: Menjaga Bumi dengan Kreasi Daur Ulang Sampah Kardus".
Semoga bermanfaat!
Pastikan peserta didik menggunakan kunci jawaban tersebut dengan bijak.
Kunci jawaban tersebut bisa dijadikan pedoman belajar.
Peserta didik bisa mengerjakan terlebih dahulu sesuai kemampuan.
Kemudian, baru mencocokkannya dengan kunci jawaban.
Masih Banyak yang Keliru, Begini Cara Tepat Melakukan Toilet Training pada Anak
Penulis | : | Kirana Riyantika |
Editor | : | Kirana Riyantika |
KOMENTAR