Nakita.id – Saat ini, mata pelajaran Matematika kelas X SMA Kurikulum Merdeka masih mempelajari bab 4.
Seperti diketahui, materi dalam bab 4 ini adalah mengenai perbandingan trigonometri.
Pada artikel sebelumnya, kita telah mengenal dasar-dasar perbandingan trigonometri.
Kali ini, kita akan belajar mengenai kegunaan perbandingan trigonometri tan.
Salah satu pengaplikasian perbandingan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk mencari panjang bayangan anak remaja dan tinggi orang dewasa yang sebenarnya.
Untuk mencarinya, siswa bisa menggunakan dua cara.
Cara pertama: menggunakan perbandingan segitiga sebangun.
Cara kedua: memanfaatkan perbandingan trigonometri.
Agar lebih memahami dan mengingat kembali materi sebelumnya, yuk kita bahas soal dan jawaban Latihan 4.4 Soal Pemahaman halaman 105 buku Matermatika kelas X Kurikulum Merdeka.
Latihan 4.4 (Soal Pemahaman)
1. Diketahui tan ˂A = sisi depan / sisi samping = ¼
Gambarlah sebuah segitiga siku-siku yang memenuhi nilai perbandingan tersebut. Berikan label dan panjang sisi depan serta sisi sampingnya dalam cm!
Jawaban:
Siswa menggambar segitiga dengan sisi samping yang 4 kali lebih panjang dari sisi depan berdasarkan letak pada segitiganya. Contoh jawaban yang tepat:
2. Cari panjang x !
a.
b.
c.
Jawaban:
a. x = 12.07 cm
b. x = 9.23 cm
c. x = 11.25 cm
3. Soal ini terdiri dari empat bagian.
Bagian pertama: Perhatikan segitiga berikut dan tentukan nama sisinya berdasarkan sudut 60˚!
a. Sisi berwarna merah adalah sisi__________.
b. Sisi berwarna hijau adalah sisi __________.
c. Sisi berwarna biru adalah sisi __________.
Bagian kedua: Segitiga berikut adalah segitiga yang sama dengan segitiga pada soal nomor pertama. Sekarang, tentukan nama sisinya berdasarkan sudut 30˚!
Baca Juga: Ringkasan Lengkap Bab 3 Mengenai Vektor dan Operasinya Buku Matematika Kelas X Kurikulum Merdeka
a. Sisi berwarna merah adalah sisi __________.
b. Sisi berwarna hijau adalah sisi __________.
c. Sisi berwarna biru adalah sisi __________.
Bagian ketiga: Segitiga berikut adalah segitiga yang sama dengan segitiga pada soal nomor pertama dan kedua. Sekarang, tentukan nama sisi berdasarkan sudut yang ditentukan!
a. Sisi depan sudut 30˚ berwarna _______.
b. Sisi depan sudut 60˚ berwarna _______.
c. Sisi samping sudut 30˚ berwarna _______.
Bagian keempat: Gunakan jawaban kalian pada soal nomor pertama untuk menyelesaikan permasalahan berikut.
a. Apakah sisi depan sudut 30˚ dan 60˚ sama atau berbeda? Mengapa demikian?
b. Apakah sisi samping sudut 30˚ dan 60˚ sama atau berbeda? Mengapa demikian?
c. Apakah sisi miring sudut 30˚ dan 60˚ sama atau berbeda? Mengapa demikian?
Jawaban:
Bagian pertama:
a. Miring
b. Depan
c. Samping
Bagian kedua:
a. Miring
b. Samping
c. Depan
Bagian ketiga:
a. Biru
b. Hijau
c. Hijau
d. Biru
e. Merah
f. Merah
Bagian keempat:
a. Berbeda. Sisi depan sudut 30˚ dan 60˚ berbeda karena letak sudut yang berbeda.
b. Berbeda. Sisi samping sudut 30˚ dan 60˚ berbeda karena letak sudut yang berbeda.
c. Sama. Sisi miring sudut 30˚ dan 60˚ sama karena definisi sisi miring adalah sisi di depan sudut siku-siku. Letak sudut siku-siku tidak berubah pada segitiga yang ditampilkan.
Nah, itu dia soal dan jawaban Latihan 4.4 Soal Pemahaman halaman 105 buku Matermatika kelas X SMA Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat!
Perbedaan Anak Aktif dan Hiperaktif, Kenali dan Awasi Agar Tidak Disalahartikan
Penulis | : | Ratnaningtyas Winahyu |
Editor | : | Ratnaningtyas Winahyu |
KOMENTAR