Nakita.id – Mata pelajaran IPA kelas X SMA Kurikulum Merdeka masih berada di bab 6. Seperti diketahui, dalam bab 6 ini, materi yang kita pelajari adalah mengenai energi terbarukan.
Pada artikel Kurikulum Merdeka sebelumnya, kita sudah membahas tentang konvensi energi.
Sekarang, yuk kita coba kerjakan soal Aktivitas 6.3. halaman 136-138 untuk mengevaluasi pemahaman akan materi ini. Berikut ini penjelasan selengkapnya.
A. Cobalah untuk melakukan analisis seperti kalian menelusuri perubahan energi yang terjadi pada kincir air. Terdapat tiga titik yang diamati pada kincir air bermassa m kg, yaitu titik A, B, dan C. Pada titik A, aliran air memberikan dorongan sehingga kincir air tersebut dapat berputar dengan kecepatan vA sebesar 2√15 m/s.
Bagaimana perubahan energi yang terjadi pada kincir air pada posisi A, B, dan C?
Jawaban dinyatakan dalam bentuk diagram batang yang diarsir sesuai besar energinya dengan diberikan penjelasan alasan menjawab.
Gambarlah tiga gambar diagram seperti gambar di bawah ini pada buku latihan kalian.
Ketiga diagram tersebut masing-masing untuk jawaban analisis energi pada posisi A, posisi B, dan posisi C.
B. Perhatikanlah deskripsi kegiatan percobaan berikut ini.
Baca Juga: Konvensi Energi dan Contoh Soalnya, Bab 6 IPA Kelas X SMA Kurikulum Merdeka
Sekelompok siswa melakukan percobaan mengenai energi yang hilang pada peristiwa koin bertabrakan dengan lantai. Percobaan ini dilakukan dengan cara menjatuhkan koin ke lantai pada ketinggian yang diubah, yaitu 1 m dan 2 m di atas lantai. Untuk satu ketinggian, dilakukan pengulangan pengambilan sampel data sebanyak tiga kali.
Koin yang digunakan adalah koin Rp100. Alat ukur yang digunakan adalah meteran, sensor bunyi pada smartphone, dan aplikasi Phyphox. Prinsip kerjanya adalah sensor bunyi pada smartphone menangkap energi bunyi yang dihasilkan dari benturan koin dengan meja. Hasilnya adalah sebagai berikut.
Dengan h merupakan ketinggian awal sebelum koin dijatuhkan, energi 1 merupakan energi sebelum tumbukan, dan energi 2 merupakan energi digunakan koin untuk memantul.
1. Tentukanlah variabel-variabel yang terlibat pada percobaan yang dideskripsikan di atas.
a. variabel bebas.
b. variabel terikat.
c. variabel kontrol.
2. Tentukan bentuk energi yang terlibat pada deskripsi percobaan tersebut.
a. Bentuk energi sebelum koin dilepaskan.
b. Bentuk energi setelah koin jatuh dan menabrak lantai.
Baca Juga: Mengenal Hukum Kekekalan Energi, Bab 6 IPA Kelas X Kurikulum Merdeka
3. Kalian sudah menentukan bentuk energi yang terlibat pada peristiwa tersebut. Susunlah ke dalam persamaan Hukum Kekekalan Energi.
4. Tentukanlah rata-rata energi yang digunakan koin untuk memantul kembali ke arah semula pada peristiwa tersebut.
5. Tentukanlah rata-rata energi yang tidak digunakan koin untuk memantul kembali ke arah semula pada peristiwa tersebut.
6. Tentukanlah efisiensi energi dari peristiwa tersebut.
Nah, itu dia kunci jawaban Aktivitas 6.3. halaman 136 tentang konvensi energi, bab 6 IPA kelas X SMA Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat!
Kulkas Side by Side New Belleza 4 Pintu dari Polytron, Dirancang Khusus untuk Dukung Tren Gaya Hidup Modern
Penulis | : | Ratnaningtyas Winahyu |
Editor | : | Ratnaningtyas Winahyu |
KOMENTAR