Nakita.id - Kurikulum Merdeka memberikan pendekatan pembelajaran yang berbeda dengan kurikulum sebelumnya.
Dalam mata pelajaran Sejarah kelas 10, khususnya di halaman 44, siswa diminta untuk mengerjakan Lembar Aktivitas 6 yang terdiri dari pertanyaan reflektif.
Aktivitas ini bertujuan untuk mendorong siswa berpikir kritis dan reflektif mengenai materi yang telah dipelajari, khususnya mengenai Revolusi Industri dan dampaknya terhadap masyarakat.
Berikut adalah kunci jawaban untuk Lembar Aktivitas 6 di halaman 44:
1. Hal baru apa yang telah kalian pelajari dari penugasan ini?
Jawaban:
Dalam penugasan ini, siswa diharapkan untuk mengidentifikasi dan memahami konsep-konsep penting terkait Revolusi Industri serta dampaknya terhadap perkembangan teknologi dan masyarakat.
Beberapa hal baru yang dapat dipelajari meliputi:
- Perkembangan Revolusi Industri dari Masa ke Masa: Siswa belajar tentang bagaimana Revolusi Industri berkembang melalui berbagai tahapan, mulai dari Revolusi Industri pertama hingga Revolusi Industri 4.0 yang sedang berlangsung saat ini. Setiap tahap membawa perubahan signifikan dalam teknologi, ekonomi, dan struktur sosial.
- Pembaruan Teknologi dalam Setiap Periode: Siswa diajak untuk mempelajari kelebihan dan inovasi teknologi yang muncul dalam setiap periode Revolusi Industri. Ini termasuk transisi dari tenaga kerja manual ke mesin uap, penggunaan listrik, hingga perkembangan teknologi digital dan kecerdasan buatan di era Revolusi Industri 4.0.
- Periodisasi Revolusi Industri: Siswa mempelajari tentang periodisasi atau pembagian waktu dalam sejarah Revolusi Industri. Ini membantu mereka memahami konteks sejarah dan bagaimana setiap periode membawa perubahan yang berbeda dalam kehidupan manusia.
Baca Juga: Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka Halaman 40
- Perkembangan Mesin untuk Industri: Siswa mendalami bagaimana mesin-mesin industri berkembang, mulai dari mesin uap pada Revolusi Industri pertama hingga mesin otomatis dan robotik pada era modern. Ini memberikan gambaran tentang bagaimana teknologi mengubah proses produksi dan pekerjaan manusia.
Dengan memahami hal-hal tersebut, siswa dapat melihat bagaimana sejarah tidak hanya sebagai urutan peristiwa masa lalu, tetapi juga sebagai proses perubahan yang berkelanjutan dan berdampak langsung pada kehidupan masa kini dan masa depan.
2. Tuliskan tiga tantangan yang kalian hadapi untuk menyikapi Revolusi Industri 4.0!
Jawaban:
Revolusi Industri 4.0 membawa tantangan yang berbeda dari revolusi-revolusi sebelumnya.
Berikut adalah tiga tantangan utama yang mungkin dihadapi oleh siswa dalam menyikapi Revolusi Industri 4.0:
- Persaingan dengan Teknologi: Salah satu tantangan terbesar adalah persaingan tidak hanya dengan sesama manusia, tetapi juga dengan kecanggihan teknologi. Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan otomatisasi, kecerdasan buatan, dan robotika yang mulai menggantikan banyak pekerjaan manusia. Siswa perlu menyesuaikan diri dengan perkembangan ini, belajar memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin agar tetap relevan dalam dunia kerja yang semakin kompetitif.
- Arus Informasi yang Cepat dan Berita Palsu: Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan arus informasi yang sangat cepat, berkat internet dan media sosial. Hal ini membawa tantangan dalam bentuk penyebaran berita palsu atau hoaks, yang dapat menimbulkan kepanikan dan kekhawatiran. Misalnya, selama pandemi COVID-19, banyak berita palsu yang beredar dan menyebabkan kebingungan di masyarakat. Siswa perlu mengembangkan kemampuan untuk menyaring informasi dan tidak mudah terpancing oleh berita yang tidak jelas kebenarannya.
- Tuntutan untuk Mengembangkan Kemampuan Individu: Revolusi Industri 4.0 menuntut kemampuan individu yang lebih kompleks, termasuk kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan keterampilan teknis. Siswa harus siap untuk terus belajar dan mengembangkan diri dalam berbagai aspek, seperti tanggung jawab, disiplin, dan inovasi. Ini adalah tantangan besar yang membutuhkan kesadaran diri dan tekad untuk terus meningkatkan kompetensi agar bisa bersaing di era yang semakin maju ini.
3. Tuliskan solusi yang dapat kalian lakukan di masa mendatang untuk menyikapi tantangan dari Revolusi Industri 4.0!
Jawaban:
Baca Juga: Terlengkap! Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA Kurmer Halaman 32-33
Untuk menghadapi tantangan dari Revolusi Industri 4.0, siswa perlu mempersiapkan diri dengan berbagai cara.
Berikut adalah beberapa solusi yang dapat dilakukan:
- Belajar dengan Tekun dan Menyerap Ilmu Pengetahuan dengan Baik: Siswa harus memanfaatkan kesempatan belajar sebaik mungkin, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Dengan menguasai ilmu pengetahuan, siswa akan memiliki dasar yang kuat untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi dan tuntutan pasar kerja yang dinamis.
- Mengasah Kekritisan Berpikir: Dalam menghadapi arus informasi yang begitu cepat, penting bagi siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis. Ini berarti tidak mudah percaya pada informasi yang belum diverifikasi, serta selalu mencari kebenaran dari sumber-sumber yang dapat dipercaya. Kekritisan berpikir juga membantu siswa dalam membuat keputusan yang tepat dan bijaksana di tengah banyaknya pilihan yang tersedia.
- Melatih Kemampuan Diri dan Sikap Bijak: Siswa harus terus melatih kemampuan diri dalam bidang yang diminati, baik itu dalam hal teknis maupun soft skills seperti komunikasi, kerja sama tim, dan manajemen waktu. Selain itu, sikap bijak sangat penting, terutama dalam menghadapi informasi yang beredar di media. Dengan kemampuan untuk memilah informasi yang bermanfaat dan yang tidak, siswa dapat menghindari dampak negatif dari berita palsu atau hoaks.
- Menjadi Individu yang Mandiri dan Berkualitas: Siswa harus berusaha menjadi individu yang berkualitas, baik dalam hal akademik maupun non-akademik. Kemandirian juga merupakan aspek penting, di mana siswa dapat mengembangkan inisiatif dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah secara mandiri. Dengan sikap ini, siswa akan lebih siap menghadapi tantangan di masa depan dan mampu bersaing di dunia kerja yang semakin kompleks.
Revolusi Industri 4.0 membawa banyak perubahan dan tantangan bagi kita semua, terutama bagi siswa yang akan menjadi bagian dari tenaga kerja di masa depan.
Melalui Lembar Aktivitas 6 di halaman 44 buku Sejarah kelas 10 SMK Kurikulum Merdeka, siswa diajak untuk reflektif terhadap tantangan-tantangan ini dan mencari solusi yang tepat untuk menyikapinya.
Dengan belajar tekun, mengasah kemampuan berpikir kritis, dan melatih diri dalam berbagai aspek, siswa dapat mempersiapkan diri mereka untuk menghadapi era yang semakin maju dan dinamis ini.
Baca Juga: Sejarah Hari Keluarga Internasional, Bagaimana Cara Memperingatinya?
Serunya Kegiatan Peluncuran SoKlin Liquid Nature French Lilac di Rumah Atsiri Indonesia
Penulis | : | Aullia Rachma Puteri |
Editor | : | Aullia Rachma Puteri |
KOMENTAR