Nakita.id - Pada bab ini, siswa SMK kelas 10 mempelajari dasar-dasar ilmu sejarah.
Bab A berjudul "Pengantar Ilmu Sejarah," mengajarkan konsep-konsep fundamental sejarah, metode penelitian sejarah, serta pentingnya historiografi dalam memahami sejarah.
Dalam evaluasi yang terdapat di halaman 75 hingga 79, siswa diminta untuk mengerjakan beberapa soal pilihan ganda dan esai yang menguji pemahaman mereka tentang materi yang telah dipelajari.
Berikut ini adalah kunci jawaban untuk soal-soal tersebut.
Dalam soal ini, siswa diminta untuk membaca sebuah artikel yang merujuk pada cerita Panji. Berdasarkan bacaan tersebut, manfaat belajar sejarah dari cerita Panji adalah:
- Jawaban: A. Memahami nilai-nilai masyarakat di masa lampau.
Penjelasan: Cerita Panji mengandung nilai-nilai budaya dan kehidupan masyarakat pada masa lampau. Dengan mempelajari cerita ini, siswa dapat memahami nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat pada zaman dahulu, yang merupakan salah satu tujuan utama dalam mempelajari sejarah.
Siswa diminta untuk memperhatikan linimasa yang ada di artikel tersebut dan menemukan jawaban yang tidak benar dari pilihan yang diberikan:
- Jawaban: C. 1862: Kunjungan Raja Thailand.
Penjelasan: Tahun 1862 tidak berkaitan dengan kunjungan Raja Thailand, melainkan dengan peristiwa atau perkembangan lain dalam sejarah Museum Nasional. Pilihan ini merupakan informasi yang tidak akurat dalam konteks linimasa yang diberikan.
- Jawaban: D. Berpusat pada Eropa.
Baca Juga: Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA Halaman 70 Kurikulum Merdeka
Penjelasan: Historiografi tradisional biasanya berfokus pada sejarah yang berpusat pada kehidupan istana, daerah tertentu, atau agama. Sementara itu, berpusat pada Eropa lebih berkaitan dengan historiografi kolonial atau modern.
Prasasti tersebut merupakan sumber sejarah sebagai:
- Jawaban: A. Data primer.
Penjelasan: Prasasti Gajah Mada adalah sumber sejarah primer karena merupakan bukti langsung dari peristiwa atau kehidupan pada masa lampau. Sumber primer adalah bahan yang diciptakan pada waktu terjadinya peristiwa sejarah yang dipelajari.
Tahapan penelitian sejarah yang dilakukan oleh siswa dalam artikel tersebut adalah:
- Jawaban: A. Heuristik.
Penjelasan: Heuristik adalah tahap pertama dalam penelitian sejarah yang melibatkan pengumpulan sumber-sumber sejarah. Pada tahap ini, sejarawan mencari dan mengumpulkan berbagai data yang diperlukan untuk mempelajari suatu peristiwa sejarah.
Ilmu sejarah bersifat diakronis karena mempelajari peristiwa dalam urutan waktu (kronologi), sehingga menunjukkan perkembangan atau perubahan dari waktu ke waktu.
Sedangkan sinkronis berarti sejarah juga mempelajari aspek-aspek yang terjadi secara bersamaan pada satu periode waktu tertentu.
Sifat diakronis membantu dalam memahami bagaimana peristiwa saling berkaitan dan berkembang, sementara sifat sinkronis membantu dalam memahami konteks sosial, politik, dan budaya dalam periode tertentu.
Arsip dianggap sebagai sumber sejarah primer karena mereka merupakan dokumen atau catatan yang dibuat pada saat peristiwa sejarah terjadi.
Baca Juga: Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 Kurikulum Merdeka Halaman 68-69
Arsip berfungsi sebagai bukti otentik dari peristiwa tersebut dan memberikan informasi yang akurat dan langsung mengenai apa yang terjadi pada masa itu.
Manusia merupakan penggerak sejarah karena tindakan, keputusan, dan ide-ide mereka mempengaruhi arah peristiwa sejarah.
Manusia tidak hanya bertindak sebagai subjek yang mengalami peristiwa sejarah, tetapi juga sebagai agen yang menciptakan perubahan.
Oleh karena itu, studi sejarah sangat bergantung pada pemahaman tentang peran manusia dalam konteks waktu dan ruang tertentu.
Sejarah memberikan pengetahuan tentang masa lalu, yang penting untuk memahami identitas dan asal-usul kita sebagai bangsa.
Contohnya, belajar tentang perjuangan para pahlawan nasional dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan menghargai kemerdekaan.
Selain itu, memahami sejarah pembangunan kota kita dapat membantu kita merencanakan masa depan yang lebih baik, dengan belajar dari kesalahan atau keberhasilan di masa lalu.
Bias sejarah terjadi karena beberapa faktor seperti perspektif penulis, sumber yang digunakan, dan konteks politik atau sosial pada saat penulisan sejarah tersebut.Sejarawan mungkin menafsirkan peristiwa berdasarkan sudut pandang pribadi atau kelompok, sehingga menghasilkan versi sejarah yang berbeda.
Selain itu, kondisi politik dan sosial juga dapat mempengaruhi bagaimana peristiwa sejarah ditulis dan dipersepsikan, yang menyebabkan adanya berbagai interpretasi terhadap satu peristiwa yang sama.
Menguasai materi tentang ilmu sejarah, termasuk memahami berbagai metode historiografi dan sumber sejarah, sangat penting bagi siswa untuk mampu menganalisis dan menilai peristiwa masa lalu dengan baik.
Kunci jawaban di atas memberikan panduan yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep penting yang ada dalam bab ini.
Baca Juga: Terlengkap! Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA Kurmer Halaman 32-33
Dengan memahami evaluasi ini, siswa diharapkan dapat lebih siap untuk menghadapi ujian dan juga lebih kritis dalam menilai informasi sejarah yang mereka temui di luar lingkungan akademis.
Baca Juga: Terlengkap! Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA Kurmer Halaman 32-33
Penulis | : | Aullia Rachma Puteri |
Editor | : | Aullia Rachma Puteri |
KOMENTAR