Permainan ini biasanya menyediakan 2 buah gambar yang bila dilihat sekilas tampak sama. Namun, bila dicermati ada beberapa perbedaan di antara kedua gambar tersebut. Perbedaan itulah yang harus dicari anak.
Manfaat:
1. Melatih konsentrasi. Konsentrasi yang baik memudahkan anak menemukan aneka perbedaan yang ada.
2. Melatih ketelitian. Anak dituntut jeli mencari perbedaan yang mencolok hingga yang tersamar. Penelusuran gambar yang dilakukan pada setiap sudut gambar tentunya membutuhkan ketelitian.
3. Mengasah daya ingat. Melatih anak untuk mengingat dengan tepat bagian-bagian pada gambar yang satu, kemudian membandingkan dengan gambar lainnya untuk mencari yang berbeda.
Rambu-rambu:
l Untuk pemula, anak 3–4 tahun, mulailah dengan mencari 5 perbedaan sederhana. Gunakan gambar cukup besar dengan perbedaan gambar yang mencolok.
l Untuk menarik minat anak, gunakan gambar yang ia senangi.
l Bila anak menemui kesulitan, bantulah dengan memberikan beberapa kalimat kunci. Untuk melihat adanya perbedaan pada perabot dalam gambar kelas, sebutkan saja semua perabot yang ada dalam kelas itu. Niscaya, beberapa kalimat kunci itu akan memudahkan dan membantu anak menemukan perbedaan.
l Bila anak sudah mampu menebak dan menguasai materi, tingkatkan jumlah perbedaan dan gunakan gambar yang lebih bervariasi.
l Untuk membantu konsentrasi anak, ciptakan suasana tenang.
MEMASANGKAN GAMBAR
Terdapat 2 kelompok gambar yang masing-masing berisi benda-benda atau hal yang saling berkaitan. Anak diminta memasangkan gambar pada kelompok 1 dengan gambar pada kelompok 2. Caranya dengan menarik garis dari gambar pada kelompok yang satu ke gambar pada kelompok yang lain. Gambar yang dipasangkan saling berhubungan entah dari bentuknya, kegunaannnya, sifatnya, kegemarannya, dan lainnya. Contoh, gambar sikat gigi dengan pasta gigi.
Manfaat:
1. Melatih logika berpikir dan daya ingat. Untuk menggosok gigi, apa yang dibutuhkan? Kalau ada pasta gigi, maka pasangannya adalah sikat gigi.
2. Melatih koordinasi tangan dan mata, serta melatih keterampilan motorik halus, yaitu saat anak menarik garis dari satu gambar ke gambar pasangannya.
3. Melatih ketelitian dan konsentrasi, terjadi pada saat anak mencari dua gambar yang saling berhubungan.
Rambu-rambu:
l Untuk si 3-4 tahun, gunakan gambar sederhana. Cukup 5–6 gambar yang harus dipasangkan. Untuk si 4–5 tahun, jumlah gambarnya dapat ditingkatkan hingga 10 gambar.
l Untuk si 3-4 tahun, pilih tema sederhana, yang berkaitan dengan aktivitas atau pengalaman sehari-hari. Bila sudah mahir, temanya diperluas. Bahkan bila memungkinkan dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan pengetahuan atau sesuatu hal yang baru.
Berikan Pengetahuan Mengenai Produksi Pakaian Dalam dengan Cara Edukatif, Rider Resmikan Establishment Underwear Factory di KidZania Jakarta
KOMENTAR