Follow Us

Haid Sebulan Dua Kali Bukan Kondisi Normal, Kenali Penyebabnya!

Rachel Anastasia - Senin, 06 Juni 2022 | 11:46
Ilustrasi haid sebulan dua kali
Freepik

Ilustrasi haid sebulan dua kali

GridHITS.id - Ternyata ada beberapa penyebab haid sebulan dua kali yang lebih baik Anda perhatikan.

Seperti diketahui, menstruasi sudah menjadi bagian dari kehidupan seorang wanita.

Siklusnya sendiri biasanya datang setiap 28 hari sekai namun juga dipengaruhi oleh hormon.

Akan ada beberapa kondisi yang bisa membuat hormon berantakan sehingga jadwal menstruasi pun berubah.Seringkali, hal ini terjadi pada Anda yang sedang mengalami stres.Maka dari itu, tak heran jika Anda yang mengalami stres juga mengalami menstruasi dua kali dalam satu bulan.Apabila hal ini terjadi, Anda sebaiknya menghubungi ahli untuk menyelesaikan permasalahan ini.Tidak hanya stres saja, lo.Melansir dari Everyday Health, penyebab siklus menstruasi yang pendek ini juga bisa saja disebabkan karena kekurangan berat badan dan terlalu banyak berolahraga.

Baca Juga: Cara Memuaskan Suami Saat Haid, Dijamin Aman dan Bikin Hangat!

Salah satu alasan lain seseorang mengalami menstruasi dua kali dalam sebulan adalah karena anovulasi.Seperti yang kita ketahui, ovulasi adalah pembentukan sel telur dalam rahim.Pada saat ovulasi ini, tubuh membutuhkan hormon progesteron untuk melepaskan sel telur tersebut.Namun, apabila produksi hormon progesteron terlalu sedikit, akan menyebabkan pendarahan.Mungkin Moms merasa bahwa hal ini adalah menstruasi, namun sebenarnya bukan.Melansir dari Healthline, wanita dengan kebiasaan berikut ini bisa mengganggu produksi hormon progesteron dalam tubuh dan menyebabkan anovulasi:1. Kekurangan atau kelebihan berat badan2. Pola makan yang buruk3. Tidak memiliki manajemen stres yang baik

Baca Juga: Penyebab Sakit Kepala saat Haid, Temukan Juga Cara Mengatasinya!

Remaja yang baru saja mengalami menstruasi juga berpotensi mengalami menstruasi dua kali dalam sebulan.Hal ini disebabkan karena produksi hormon yang belum seimbang di dalam tubuh.Apabila terjadi pada remaja, hal ini merupakan hal yang wajar.Namun, pada wanita dewasa, apabila hal ini terus menerus terjadi sebaiknya dikonsultasikan pada dokter.Untuk mengurangi risiko menstruasi sebulan dua kali, Anda bisa melakukan beberapa hal ini:1. Memiliki manajemen stres yang baikSebelumnya telah disebutkan bahwa stres bisa mengganggu hormon ovulasi.Untuk itu, Anda perlu memiliki manajemen stres yang baik.Mewujudkan manajemen stres yang baik bisa dilakukan dengan berbagai macam hal.

Baca Juga: Ramuan Alami Menghentikan Haid, Ternyata Begini Caranya

Apabila memungkinkan, Anda bisa meminta bantuan ahli untuk mengatasi stres.2. Memiliki pola makan yang baikMelansir dari Medical News Today, tak ada salahnya Anda mengonsumsi makanan yang tinggi akan omega-3, vitamin B, dan vitamin C.Perlu diketahui, makanan tinggi omega-3 memicu produksi progesteron dalam tubuh.Sehingga menstruasi bisa tetap normal seperti biasanya.Kandungan omega-3 bisa ditemukan pada ikan, seperti tuna, salmon, dan sarden.Untuk vitamin B dan C diperlukan tubuh untuk menyeimbangkan produksi progesteron di dalam tubuh.Menstruasi dua kali dalam sebulan memang berarti masalah kesehatan yang perlu diperhatikan.Agar tak mengalami hal tersebut, manajemen stres dan pola makan yang baik diperlukan untuk siklus menstruasi.

Nah itu dia berbagai penyebab haid dua kali sebulan yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Begini Cara Memperlancar Haid yang Telat

Artikel ini telah tayang di Nakita dengan judul Ternyata Ini Dia Penyebabnya Menstruasi Dua Kali dalam Satu Bulan, Berbahaya Atau Tidak, Sih?

Editor : Hits

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular