5 Cara Mudah Mengatasi Perut Panas Saat Hamil

By Gisela Niken, Jumat, 9 Desember 2016 | 02:00 WIB
Ini Lo Ciri Mulas (His) Palsu (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com – Sering merasa perut panas saat hamil? Kondisi ini biasa disebut heartburn di mana terjadi mulas yang disebabkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh masalah pada otot perut yang mengalami kebocoran. Perubahan hormon dan tekanan janin menyebabkan masalah pada otot ini. Untuk itu, Mama bisa mengatasi perut panas saat hamil dengan beberapa cara mudah berikut ini.

Baca juga: 4 makanan pemicu mulas saat hamil

1.Perkecil porsi makan

Terlalu banyak makan ternyata dapat memperburuk rasa mulas atau perut panas saat hamil. Saat hamil hanya ada sedikit ruang yang tersisa untuk makanan. Maka, mempertahankan porsi makan yang sedikit akan mencegah perut panas saat hamil. Mama bisa mengubah porsi makan menjadi lebih sedikit tetapi sering untuk mencegah masalah sakit pada perut. Makanan dengan porsi sedikit juga lebih mudah dicerna oleh tubuh.

2.Menghindaru pemicunya

Mama juga perlu menghindari makanan yang dapat menyebabkan perut panas saat hamil. Jenis makanan yang sebaiknya dihindari antara lain buah asam seperti jeruk dan tomat. Makanan berminyak, makanan pedas, kopi, minuman bersoda dan alkohol perlu Mama hindari agar perut tidak merasa panas.

Baca juga: Efek makanan pedas untuk ibu hamil

3.Minum banyak air

Makanan dengan banyak air akan mengatasi masalah pencernaan karena bergerak lebih cepat pada perut. Beragam minuman seperti jus, milkshake hingga olahan minuman seperti yogurt dan puding jadi pilihan baik untuk Mama konsumsi. Pilih air yang mengandung protein seperti olahan susu agar memperlancar pencernaan sehingga mencegah masalah pada perut.

4.Tidak makan sebelum tidur

Jangan terlalu banyak makan di dekat waktu tidur karena dapat menyebabkan mulas dan sakit perut pada malam hari. Usahakan tidur dengan kepala dan kaki yang sedikit lebih tinggi. Cobalah pula untuk tidur dengan miring ke kiri sebab cara ini untuk menyulitkan asam lambung mencapai kerongkongan.

Baca juga:Ini aneka gangguan pencernaan saat hamil

5.Waspada saat minum obat

Salah satu penyebab perut panas saat hamil datang dari obat yang tidak terkontrol. Beberapa obat yang mengandung antasida dan aspiin dapat enyebabkan sembelit dan masalah pencernaan. Kandungan obat yang tinggi natrium juga menyebabkan retensi air sehingga berpengaruh pada masalah pencernaan.