Yang Perlu Dilakukan Agar Jadwal Tidur Bayi Teratur

By Gisela Niken, Senin, 12 Desember 2016 | 23:30 WIB
Agar waktu tidur bayi teratur, ada banyak cara dan persiapan yang bisa dilakukan. (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Setiap Mama pasti ingin si kecil punya jadwal tidur yang teratur. Tidak hanya memudahkan bagi Mama, jadwal tidur yang teratur juga baik untuk kesehatan. Tidur yang cukup akan baik bagi tumbuh kembang bayi. Untuk itu, ada beberapa hal dan persiapan yang perlu Mama lakukan agar jadwal tidur bayi teratur. Persiapan bisa Mama lakukan dengan konsisten dan dengan kesabaran.

Baca juga: 5 kesalahan orangtua yang bikin bayi susah tidur

1.Jangan memulai rutinitas tidur dengan segera

Mama sebaiknya tidak memaksakan jadwal tidur si kecil sesaat setelah membawanya pulang dari rumah sakit. Bayi baru lahir tentu akan lebih banyak tidur di awal kehidupannya. Saat ia lahir, bayi membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Jadi pola tidur bayi biasanya akan mulai terlihat setelah beberapa minggu.

2.Mengamati kecenderungan tidur si kecil

Sebelum membuat rutinitas dan jadwal tidur yang teratur, ada baiknya Mama memerhatikan bagaimana pola tidur bayi. Misalnya melihat berapa lama bayi bisa tidur sepanjang malam tanpa terbangun? Biasanya bayi akan mulai tidur sepanjang malam selama lima hingga enam jam. Mama bisa melatihnya dengan mencoba jam tidur yang lebih awal. Misalnya bayi terbiasa tidur pukul 10 malam, cobalah untuk membawanya tidur pada pukul 8 malam.

Klik halaman selanjutnya di sini