Ternyata, Ini Penyebab Berat Badan Naik Drastis Saat Hamil

By Gisela Niken, Selasa, 13 Desember 2016 | 04:00 WIB
Berat Badan Ibu Hamil Berpengaruh pada Berat Badan Janin, Kok Bisa? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kenaikan berat badan saat hamil memang normal terjadi. Biasanya wanita hamil akan naik antara 6 hingga 12 kilogram. Namun, ada beberapa Mama yang justru mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan. Berikut beberapa faktor penyebab berat badan naik drastis saat hamil yang perlu Mama ketahui. Kenaikan berat badan berlebihan dapat berpotensi preeklamsia serta masalah kesehatan lain pada ibu hamil dan janin.

Baca juga: Kelebihan berat badan bikin persalinan lama

Peningkatan asupan kalori berlebihan jadi faktor penting dalam kenaikan berat badan saat hamil. Banyak Mama yang tidak memahami bahwa hamil bukan berarti makan dua kali lipat. Nyatanya Mama hanya membutuhkan tambahan sekitar 300 kalori saja. Kelebihan kalori dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak normal. Misalnya saja jika Mama menambah 450 kalori dalam sehari, artinya selama satu minggu Mama bisa mengalami kenaikan berat badan sebanyak 0,5 kilogram.

Baca juga: Ini berat badan ideal saat hamil, dicek ya Mam!

Kurang tidur ternyata bisa jadi penyebab kenaikan berat badan. Perubahan hormonal dan fisik yang terjadi pada tubuh menuntut Mama untuk banyak istirahat. Kurang tidur akan menyebabkan kelelahan saat hamil. Kelelahan akan menyebabkan mama susah melakukan aktivitas fisik sehingga menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebihan. Mama juga perlu berhati-hati dengan kenaikan berat badan yang drastis. Hal ini bisa jadi gejala preeklamsia.

Berat badan yang naik biasanya juga bersamaan dengan tekanan darah tinggi. Selain itu, berbagai ganggaun kesehatan seperti diabetes gestational juga turut menjadi penyebab berat badan naik secara tidak normal. Tidak hanya dari penyakit, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Current Opinion mengungkapkan stres dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan berlebihan.

Baca juga: Mengontrol kenaikan berat badan saat hamil

Ternyata ada banyak faktor yang jadi penyebab berat badan naik drastis saat hamil. Mama sebaiknya tetap menjaga pola makan dengan tidak mengonsumsi makanan dengan kalori berlebihan. Memilih bahan makanan yang kaya vitamin dan mineral juga penting untuk menjaga tubuh tetap berenergi dan sehat tanpa meningkatkan kalori yang berlebihan selama hamil.