Keluhan yang Umum Terjadi Saat Hamil Muda

By Gisela Niken, Selasa, 20 Desember 2016 | 22:30 WIB
Keluhan saat hamil muda sangat beragam dan bisa berpotensi bahaya. (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Banyak perubahan yang terjadi kala hamil. Tentunya perubahan ini memang normal terjadi untuk menyiapkan pertumbuhan janin hingga nanti ia dilahirkan. Berikut beberapa keluhan saat hamil muda yang kerap terjadi. Keluhan ini juga perlu Mama waspadai jika melewati batas-batas kewajaran.

1.Pendarahan vagina

Menurut Natali Aziz, MD, dokter spesialis kandungan di Rumah Sakit Lucile Packard, California, bercak darah pada awal kehamilan adalah normal terjadi. “Bercak darah yang normal adalah ringan dan dengan jumlah kecil. Sementara pendarahan berat bisa jadi tanda keguguran dan kehamilan di luar kandungan,” ujarnya. Pendarahan yang disertai dengan kram yang menyiksa bisa menjadi masalah.

Baca juga: Ketakutan yang sering Mama alami saat hamil muda

2. Mual dan muntah

Mual dan muntah sangat wajar terjadi sebagai proses adaptasi tubuh terhadap perubahan kehamilan. Namun, Mama jangan menganggap enteng mual dan muntah yang terjadi sepanjang hari. Saat terjadi mual dan muntah, Mama perlu menjaga agar tubuh tidak dehidrasi dengan memastikan asupan cairan yang masuk. Namun, Mama tak perlu khawatir jika mengalami mual dan muntah sebab kondisi ini sangat normal terjadi dan menjadi tanda kehamilan sehat.

3.Demam

Suhu badan agak tinggi mungkin normal terjadi pada tubuh di awal kehamilan. Namun, suhu tubuh hingga lebih dari 38 derajat celcius perlu Mama waspadai. Suhu tubuh yang terlalu tinggi bisa menjadi gejala infeksi yang dapat memengaruhi janin. Apalagi demam yang disertai masalah pernapasan, flu, ruam serta nyeri sendi.

Baca juga: Yang perlu dilakukan saat hamil muda agar kehamilan sehat dan bahagia

4. Sering pipis

Tekanan perut saat hamil membuat Mama berisiko mengalami masalah infeksi saluran kemih. Namun, jika Mama sering bolak balik ke toilet untuk buang air kecil adalah hal yang normal terjadi. Mama juga perlu mewaspadai jika terjadi infeksi saluran kemih yang dapat menyebabkan infeksi hingga berpotensi melahirkan secara prematur.

Baca juga: Jangan makan ini saat Mama hamil muda

5.Keluar cairan vagina

Keputihan atau keluarnya cairan vagina merupakan salah satu keluhan saat hamil muda yang mungkin banyak dialami oleh Mama. Namun, cairan yang gatal dan terasa panas bisa menjadi tanda infeksi yang perlu diwaspadai. Jika cairan yang keluar mengganggu, sebaiknya Mama berkonsultasi pada dokter agar mendapatkan penanganan tepat demi mencegah infeksi pada janin.