Puting Payudara Menghitam Saat Hamil, Pertanda Apa?

By Dini Felicitas, Selasa, 3 Januari 2017 | 06:00 WIB
Puting payudara seringkali jadi menghitam saat hamil (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Kehamilan ini memang sudah lama Mama tunggu-tunggu, sehingga Mama bersiap dengan segala gangguan ringan yang mungkin akan terjadi. Dari mual muntah, jari tangan dan kaki membengkak, selulit di bagian perut, dan... puting payudara yang menghitam saat hamil!

Baca: Garis Hitam di Perut Ibu Hamil, Berbahayakah?

Meskipun Mama tahu ini resiko yang tak bisa dihindari, namun menyadari areola menghitam saat hamil tetap membuat Mama was-was. Selain jadi terasa mengganggu penampilan, apakah kondisi ini bisa memengaruhi kesehatan Mama dan janin?

Areola (area seputar puting payudara) yang menjadi lebih gelap dan lebih lebar, sebenarnya merupakan tanda-tanda awal kehamilan. Hal ini bisa mulai terlihat pada minggu pertama atau kedua setelah terjadi pembuahan. Puting payudara yang menghitam saat hamil juga merupakan perubahan pertama yang terjadi pada payudara selama kehamilan.

Baca: Ini yang Bikin Hamil tapi Perutnya Kecil

Seperti juga gejala kehamilan yang lain, menghitamnya puting payudara juga merupakan akibat lonjakan hormon kehamilan. Bagian ini menjadi lebih gelap karena sel-sel kulit memproduksi lebih banyak pigmen. Areola yang menghitam juga sebagai bentuk persiapan payudara untuk dapat menyusui bayi. Ibu hamil mungkin juga akan melihat lingkar sekitar areola menjadi berbintik-bintik seperti saat kita merinding, yang disebut kelenjar Montgomery.

"Pada trimester pertama, puting dan areola juga akan menjadi lebih gelap, khususnya jika Anda memiliki rona warna kulit yang dalam. Puting akan lebih mencuat, dan kelenjar Montgomery menjadi lebih menonjol untuk persiapan menyusui," kata Shari Brasner, MD, dokter kandungan yang juga penulis buku Advice from a Pregnant Obstetrician (Hyperion).

Baca: Ukuran Perut Saat Hamil Bukan Indikasi Kesehatan Bayi

Kelenjar ini mengeluarkan substansi minyak yang membuat puting menjadi lebih lembab, dan mencegahnya menjadi kering dan lecet saat menyusui. Dengan demikian, bayi jadi lebih mudah menyusu.

Menghitamnya puting payudara ini akan terus berlangsung hingga menjelang persalinan. "Untungnya, dalam beberapa bulan postpartum, kebanyakan kondisi puting akan kembali ke penampilan semula," tambah Shari. Terutama, setelah masa menyusui berlalu.

Baca: Kembar Air Bikin Perut Ibu Hamil Sangat Besar

Nah, jadi, tak ada yang perlu dikhawatirkan jika puting payudara menghitam saat hamil. Nikmati semuanya sebagai bagian dari berkembangnya mahluk mungil di dalam tubuh Mama, dan bagaimana tubuh Mama mempersiapkan diri untuk memberinya makanan paling bernutrisi. Hebat, kan?