Omega 3 dan Protein Ikan Bandeng Optimalkan Otak Janin dan ASI

By Julie Erikania, Senin, 23 Januari 2017 | 04:00 WIB
Menjelang tahun baru Imlek, ikan bandeng berkualitas banyak dicari. (Heni Wiradimaja)

Nakita.Id - Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, ikan bandeng banyak diburu. Selain mengandung makna rezeki, kebahagiaan, dan keberuntungan di tahun baru, ikan bandeng juga sarat gizi yang bermanfaat bagi ibu hamil dan janin. 

Kandungan unggulan ikan bandeng antara lain Asam lemak omega 3, 6, dan 9. Omega 3 merupakan jenis lemak tak jenuh ganda yang tidak bisa diproduksi tubuh manusia. Omega 3 penting sebagai asam lemak esensial yang terbentuk dari asam lemak seperti EPA (eicosapentaenoic acid), DHA (docosahexaenoic acid), dan ALA (A-linolenat). Bahkan, menurut artikel yang ditulis Deniarko pada  Infopeternakan.com, 10 April 2015 lalu, ikan bandeng memiliki kandungan Omega 3 lebih banyak dibandingkan jenis ikan laut dalam seperti sardin dan tuna, bahkan ikan salmon sekalipun (bandeng mengandung Omega 3 sebesar 14,2 persen, sardin mengandung 3,9 persen, salmon 2,6 persen, dan tuna 0,2 persen).

Baca juga:Kenalkan-Jenis-Ikan-Yang-Aman-Untuk-Anak

Asam lemak esensial, seperti DHA sangat diperlukan dalam proses pembentukan otak, karenanya sangat baik dikonsumsi di masa kehamilan dan menyusui. Omega 3 juga bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat, menyehatkan mata, dan meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.  Selain omega 3, kandungan protein pada bandeng tak kalah besar, yaitu 20,38 persen, lebih tinggi daripada beberapa ikan lain. Protein sangat diperlukan dalam proses pembentukan sel-sel jaringan tubuh janin, termasuk jaringan otak.

Ikan bandeng bisa diolah menjadi beberapa masakan. Untuk menyambut Tahun Baru Imlek kali ini, boleh dicoba resep-resep olahan bandeng berikut.

Baca juga:Begini-Aturan-Makan-Ikan-Untuk-Calon-Ibu

PINDANG BANDENG

Uji coba resep oleh: Hindah Muaris

BAHAN:

4 ekor ikan bandeng, bersihkan

2 sdm air asam jawa, dari 1 sdt asam jawa dan 2 sdm air

1/2 sdt garam