Trik Berbelanja Pakaian Baru Tanpa Merasa Bersalah

By Syanne Susita , Selasa, 7 Februari 2017 | 21:45 WIB
Belilah pakaian berkualitas bergaya klasik, agar bisa dipakai kapan saja. (Dini Felicitas)

Nakita.id – Berhemat bukan berarti menghilangkan dana bulanan untuk membeli baju baru. Ada banyak cara untuk mengakali agar koleksi baju baru Mama bertambah di lemari tanpa menguras keuangan. Yang dibutuhkan hanya kejelian untuk mencari tempat-tempat seru yang menjual baju dengan harga miring, atau memilih waktu tepat kapan harus berbelanja baju baru. Berikut tujuh trik berbelanja baju tanpa jadi boros:

Baca: Ini Trik Mudah untuk Menghemat Uang Belanja Bulanan

Belanja Model Baju Yang Sudah Lewat Musimnya Beberapa merek baju terkemuka setiap bulan atau tiga bulan pasti mengeluarkan koleksi model terbaru. Koleksi terbaru ini pasti mahal dan tidak menawarkan diskon. Tetapi, tunggulah beberapa bulan ke depan atau sampai musim berganti, di mana koleksi terbaru akan keluar lagi. Ini artinya stok lama di setiap toko harus dikeluarkan. Baju-baju incaran pun akan langsung turun harga. Jika mau lebih bersabar lagi, tunggu saja sampai menjelang akhir tahun di mana potongan harga kadang bisa turun dengan drastis. Pada saat itulah, belanja baju baru akan terasa ringan dan tanpa perasaan bersalah karena kemahalan.

Beli Model Baju Klasik Berkualitas Setiap kali akan berburu baju-baju baru di mal, distro atau toko baju, yang harus selalu diingat adalah kecermatan kita dalam memilih model baju. Pilihlah model baju yang klasik dan membuka pilihan banyak untuk dipadupadankan. Contohnya kemeja putih, celana panjang hitam, atau t-shirt polos. Dengan model klasik seperti ini, pilihannya pasti akan bervariasi, mulai dari merek pasaran sampai merek perancang busana internasional. Yang membedakan jelas pada harganya.

Baca: Hati-hati di Minimarket! Belanja Hanya Rp 206.350 Tapi Didebet Rp 434.149

Walau dana tetap menjadi perhatian utama, ada baiknya juga mempertimbangkan kualitas baju dengan model-model klasik ini. Tidak ada salahnya mengeluarkan dana lebih besar untuk membeli pakaian yang berkualitas bagus. Ini mencegah kita sering membeli yang baru karena yang berualitas murah akan cepat rusak. Dengan mengoleksi baju model klasik yang berkualitas, otomatis Mama berhemat dalam jangka panjang.

Jangan Terpengaruh Promosi Di mal sering sekali ada kampanye menarik seperti Midnight Sale atau promosi menjelang Hari Raya. Mal atau merek produk besar juga seringkali mengirimkan email mengenai promosi produk mereka yang sangat menggiurkan. Setiap kali mengetahui adanya sale di mal, satu hal yang perlu dicamkan dalam otak adalah: Apakah barang yang akan dibeli memang murah, atau keinginan membeli itu datang hanya karena promosinya yang menggoda? Selain itu, pertimbangkan masak-masak apakah kita membutuhkan atau tidak. Secara psikologis, memang ada kepuasan tersendiri saat membeli barang dengan harga murah, tetapi barang murah bisa membuat kita jadi boros karena sebenarnya tidak membutuhkannya.

Baca: Tip Agar Tak Tertipu Saat Belanja Online

Perhatikan Metode Perawatan Baju Setiap kali membeli baju, perhatikan juga metode perawatan baju yang tercantum di label pakaiannya. Hal ini untuk menghindari biaya laundry yang tinggi setiap selesai mengenakan pakaian tersebut. Harus diingat bahwa baju yang hanya bisa dicuci dengan cara dry clean tentu akan menambah pengeluaran kita. Berapa banyak pakaian Mama yang mengharuskan cara pencucian seperti itu? Jika mengkoleksi baju dengan biaya perawatan yang mahal, jelas itu akan merepotkan.

Merawat Baju Sesuai Label Selain menghindari pembelian baju yang berlabelkan dry clean only, yang harus diperhatikan juga adalah memastikan perawatan baju dilakukan dengan benar. Mengikuti perintah label perawatan yang diberikan dari perusahaan baju akan membantu umur baju lebih panjang. Jadi, selalu perhatikan apakah baju harus dicuci hanya dengan air dingin saja, harus diangin-anginkan saja hingga kering, atau harus dicuci dengan tangan.

Baca: Sebelum Belanja Baca Dulu Daftar Ini

Cacat Produk? Jangan Malu Minta Diskon Tambahan Membeli baju di mal mungkin sulit untuk menambah diskon, tetapi jika berbelanja di pasar modern, distro, atau toko online, jangan ragu meminta diskon tambahan. Coba untuk lebih teliti sebelum membeli: perhatikan apakah ada detail baju yang hilang atau rusak seperti jahitan yang lepas, kancing hilang, atau ada noda kotor lainnya. Sebenarnya cacat seperti itu masih bisa diperbaiki sendiri di rumah, tapi daripada mengembalikan ke rak baju, coba rayu penjaga toko untuk memberi diskon. Di toko-toko seperti itu, penjual atau pemilik toko biasanya akan lebih fleksibel untuk memberi diskon.

Berbelanja di Tempat-Tempat Alternatif Berbelanja baju di mal memang praktis dan menyuguhkan berbagai banyak pilihan. Tetapi, masih banyak alternatif tempat berbelanja baju yang tidak kalah menariknya. Pasar modern mungkin tidak memiliki pendingin ruangan seperti di mal. Namun, tawar-menawar harga untuk mendapatkan harga seekonomis mungkin bisa dilakukan. Atau cobalah berburu barang-barang melalui toko-toko online, atau penjual di media sosial yang lebih memungkinkan Mama melakukan perbandingan harga hanya dengan satu klik saja. Kta pun tidak harus menghabiskan ongkos transportasi atau parkir untuk berbelanja.

Nah, kalau kebiasaan cermat saat berbelanja ini rutin dilakukan, bukan tak mungkin Mama bisa mengurangi sifat boros yang sudah menahun.