7 Rahasia Meracik Kopi yang Enak dan Wangi

By Syanne Susita , Rabu, 8 Februari 2017 | 22:15 WIB
Ada cara mudah untuk meracik kopi yang enak dan wangi. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Minum kopi bagi kebanyakan orang tidak sekadar sebagai minuman penghalang kantuk, tetapi juga sebagai petualangan rasa. Seni menikmati kopi tidak bisa didapatkan dari kopi instan yang hanya tinggal sobek dan seduh, melainkan dari memilih biji kopi terbaik, menumbuk, hingga menyeduhnya.

Meracik kopi pun tidak bisa sembarangan, lho, Mam. Sayangnya, banyak orang yang melakukan kesalahan dalam meracik kopi. Anson Goodge, barista terkemuka di London, membagikan tujuh tips meracik secangkir kopi yang enak dan wangi. Saat mengungkapkan tips ini, ia pun menguak kesalahan yang sering dibuat kebanyakan orang.

Baca: Waktu Tepat untuk Minum Kopi Biar Tidak Ngantuk

Pertama, gunakan biji kopi yang baru saja dipanggang. Rasa kopi sangat cepat berubah setelah biji kopi dipanggang. Untuk mendapatkan rasa terbaik dari kopi jenis apa pun, pastikan biji kopi itu tidak lewat dari sebulan dari proses pemanggangan. Ini artinya saat akan membeli biji kopi, perhatikan tanggal pemanggangan ketimbang tanggal kadaluarsa.

Kedua, perhatikan jenis air yang digunakan untuk menyeduh kopi. Semakin bagus kualitas air, kopi pun akan terasa lebih enak. Menyeduh kopi menggunakan rebusan air ledeng bisa mengubah rasa asli kopi. Air ledeng mengandung banyak senyawa yang bisa menjadi penyebab perubahan rasa itu. Itu sebabnya menyeduh kopi sebaiknya menggunakan air yang telah melewati proses penyaringan atau air galon. Mesin penyaringan air berfungsi menyaring banyak kandungan lain dalam air sehingga air seduhan menjadi lebih bersih. Jika tidak memiliki filter air, yang paling praktis adalah menggunakan air botol atau galon yang dijual di supermarket.

Baca: Teh dan Kopi Terlalu Panas Bisa Memicu Kanker

Banyak yang beranggapan bahwa kopi akan lebih awet jika disimpan di kulkas. Padahal itu adalah anggapan yang salah. Bubuk kopi justru akan cepat rusak jika disimpan di tempat lembab. Kopi memang lebih tahan lama jika disimpan tempat dingin tetapi bukan dalam kulkas yang justru membuat bubuk kopi lembab. Maka tips ketiga, simpan kopi di tempat yang sejuk dan tidak menghadap langsung dengan sinar matahari untuk menjaga kualitas kopi.

Tips keempat untuk meracik kopi yang enak masih berkaitan dengan tips pertama. Biji kopi setelah dipanggang memang akan sangat cepat mengalami proses penuaan dan perubahan rasa. Itu sebabnya salah satu cara untuk menyelamatkan kualitas kopi adalah menggiling biji yang belum lama dipanggang. Selain itu, secangkir kopi memang terasa jauh lebih nikmat jika menggunakan bubuk kopi yang baru digiling. Jadi, jika ingin menikmati kopi kualitas terbaik, tidak ada salahnya untuk mengeluarkan uang sedikit untuk membeli mesin penggiling biji kopi. Ini jelas jauh lebih murah ketimbang pergi ke kedai kopi setiap kali ingin menikmati seruputan secangkir kopi segar.

Baca:Tidur Sebentar Sesudah Minum Kopi Bikin Lebih Bugar

Tips kelima adalah selalu menyeduh kopi dengan air panas yang masih mendidih. Didihan air ini akan meningkatkan rasa kopi karena semua unsur rasa dalam kopi akan terlarutkan dengan baik, dan menciptakan secangkir kopi yang memiliki rasa yang seimbang. Selain itu, tentunya, menyeduh bubuk kopi dengan air yang tidak betul-betul panas bisa membuat bubuknya mengambang di permukaan air dan tidak matang sempurna.

Anson menjelaskan tips keenamnya, yaitu bahwa kopi akan terasa lebih enak jika diseduh dalam mesin yang berbeda-beda. Contohnya, kopi rasa buah-buahan atau yang lebih ringan akan terasa nikmat jika diseduh dengan menggunakan saringan. Kopi akan terasa sempurna jika diseduh menggunakan mesin seduh yang bisa melengkapi dan meningkatkan profil rasa kopi tertentu.

Baca: Minum Kopi Tiap Hari Bikin Panjang Umur

Beberapa jenis kopi yang rasanya lembut dan seimbang akan sempurna dinikmati jika diracik dalam bentuk espresso. Sementara jika ingin menyeruput kopi yang lebih manis, pengolahan yang paling ideal adalah menggunakan mesin Aeropress atau Plunger.

Tips yang ketujuh atau terakhir untuk meracik kopi yang enak adalah dengan memperhatikan takaran racikan dan juga waktu penyeduhan untuk menciptakan konsistensi rasa di setiap kali pembuatan. Kalau perlu gunakan timbangan saat menakar bubuk kopi dan air untuk menciptakan seduhan kopi bercitarasa sesuai dengan keinginan pribadi. Dengan memperhatikan takaran, setiap penikmat kopi pun sukses menciptakan resep unik untuk kenikmatan personalnya.