Bukannya Menurunkan Berat Badan, 5 Minuman "Sehat" Ini Malah Bikin Gemuk

By Syanne Susita , Sabtu, 18 Februari 2017 | 05:30 WIB
Coba hitung berapa kalori yang didapat dari minuman kopi seperti ini. (Dini Felicitas)

Nakita.id – Jika ingin menguruskan badan, ada beberapa jenis minuman yang jelas-jelas harus dihindari. Beberapa di antaranya adalah milkshakes, margarita (minuman beralkohol), minuman pemberi energi, dan semua minuman bersoda. Namun, ada jenis minuman yang sepintas tidak terlihat akan menimbulkan masalah tetapi sebenarnya termasuk minuman yang mengganggu usaha diet.

Baca: Resep Minuman Alami untuk Menurunkan Berat Badan 7 Kilogram dalam Sebulan

?Minuman-minuman yang terlihat sehat itu sebenarnya mengganggu program diet karena minuman tersebut ternyata mengandung ratusan kalori tanpa kita sadari. Minuman seperti itu akan kita konsumsi terus karena otak kita tidak bisa menerjemahkan rasa kenyang dari minuman yang bentuknya cair. Berbeda halnya dengan saat otak merespons makanan yang padat,? terang Karen Ansel, penulis buku ?Healing Superfoods for Anti-Aging: Staying Younger, Live Longer.?

Sementara itu, jika ingin menurunkan badan, yang terpenting adalah mendapatkan kalori dari asupan makanan ketimbang minuman karena memberi rasa kenyang. Jadi, ada baiknya kita memperhatikan minuman yang biasa kita minum setiap harinya. Berikut adalah minuman yang sebaiknya dihindari jika ingin mengurangi berat badan. Atau setidaknya, dikurangi konsumsinya.

Campuran Kopi Dengan menjamurnya kedai kopi di mana-mana, pilihan minuman dengan menggunakan campuran kopi pun semakin bervariasi. Entah itu, frappucino, mocha, atau latte. Kopi juga biasanya menjadi minuman yang paling pas untuk diminum di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Sementara, kopi jelas bukan minuman bagi orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Menurut Karen Ansel, mengonsumsi kopi bukanlah sesuatu kesalahan. Namun ketimbang menghindari, ia pun menyarankan untuk memodifikasi minuman kopi kita.

Baca: 7 Cara Menghentikan Nafsu Ngemil Malam-Malam

Saat memesan di kedai kopi, kopi seringkali dicampur dengan bahan yang mengandung lemak tinggi seperti krim, susu, atau jenis sirup lainnya. Hindarilah minuman kopi seperti itu. Pesan saja kopi hitam. Jika itu terasa terlalu pahit atau kuat, campurkan saja sedikit susu atau gula.

?Menambahkan satu sachet gula dalam seduhan kopi masih tidak apa-apa. Namun, jika terbiasa minum kopi tiga kali sehari, maka asupan kalori ke dalam tubuh lewat kopi pun akan bertambah. Intinya adalah semakin banyak campuran dalam kopi, maka program diet Mama akan semakin berantakan,? terang Keri Gans, penulis buku ?The Small Change Diet.?

Susu Skim  Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa peminum susu skim (susu tanpa lemak) atau 1 persen lemak memiliki kecenderungan menambah berat badannya secara perlahan-lahan dibanding dengan peminum susu murni. 

Baca: Hilangkan 1 Cm Lemak di Perut dengan Minum 1 Cangkir Minuman Ini

"Selain menghindari susu skim, hindari juga minuman pengganti susu yang menggunakan gula dalam campurannya seperti susu almond atau susu beras. Sebaiknya hindari susu yang ada rasanya, " terang Dr David Ludwig, profesor di Harvard Medical School dan penulis buku Always Hungry.

Cara teraman untuk mencari minuman pengganti susu, ditambahkan Ludwig, adalah susu kacang tanpa tambahan gula atau pemanis. Satu gelas susu almond tanpa pemanis sama dengan 40 kalori,  2 karbohidrat,  dan kurang dari segram gula. Susu almond juga memiliki kandungan setengah kalsium yang diperlukan oleh tubuh.