Begini Penampakan Bayi Baru Lahir yang Sebenarnya

By Avrizella Quenda, Selasa, 21 Februari 2017 | 02:30 WIB
Kulit bayi baru lahir cenderung kemerahan dan gelap serta berkeriput. (Heni Wiradimaja)

Nakita.Id - Apa yang paling Ayah dan Ibu tunggu saat hari kelahiran akan tiba? Ya, tentu saja menyaksikan seperti apa rupa si bayi. Mungkin dalam bayangan, bayi Ayah dan Ibu akan memiliki pipi merah merona. Padahal, sebenarnya seperti ini gambaran umum bayi saat baru dilahirkan.

Basah, kulit lengket

Saat lahir, ibu akan melihat bayi dalam kondisi basah, karena di dalam rahim ia terendam dalam cairan ketuban yang hangat. Begitu keluar, bayi segera dikeringkan untuk mencegah dari kedinginan. Lapisan putih terlihat melekat di sekujur ]tubuh bayi. Lapisan ini disebut vernix caseosa. Teksturnya lembut seperti keju dan lengket, dihasilkan oleh kelenjar minyak di kulit dan bercampur dengan 

Kepala asimetris

Kepala bayi biasanya memang tidak simetris antara bagian kiri dan kanannya. Menariknya, bayi yang lahir dengan operasi sesar biasanya memiliki kepala lebih bulat, karena ia tidak melalui proses alami keluar melalui vagina. Selain itu, kepala bayi yang baru lahir secara normal mungkin memiliki pembengkakan atau memar akibat proses kelahiran. Memar tanpa gejala biasanya sembuh setelah beberapa hari.

Baca juga: Perubahan Fisik Bayi

Kulit ungu atau merah muda

Karena di dalam kandungan bayi belum bernapas dengan paru-paru, kulit bayi awalnya berwarna merah keunguan atau gelap. Setelah keluar dan menangis, saat itulah bayi mengambil napas pertama kali. Selama di kandungan, oksigen didapat dari darah ibu yang mengalir melalui plasenta. Sesaat setelah bernapas dengan paru-paru, warna kulitnya pun berubah menjadi agak muda. Selain itu, variasi tingkat suhu pada kulit ikut memengaruhi warnanya. Fenomena perubahan warna ini akan mereda setelah beberapa hari. Jika tubuh, tangan, dan kaki bayi terus terlihat ungu segera laporkan ke dokter, karena ini bisa menunjukkan masalah oksigen dalam darah.

Peeling/pengelupasan kulit

Peeling kulit sangat umum terjadi pada bayi baru lahir dan biasanya tidak bermasalah. Sebelumnya, bayi berada di dalam cairan ketuban hangat yang bergizi bagi tubuhnya, tetapi setelah terkena udara kulit sering mengelupas dan cenderung kering. Ibu bisa memberinya lotion untuk melembapkan khusus bayi agar tak mudah teriritasi. Ikuti aturan pakai dari dokter.

Baca juga: 4 Perawatan Penting Bayi Baru Lahir