Anak Belajar Disiplin dan Percaya Diri dengan Bermusik dan Menari

By Deonisia Arlinta, Senin, 27 Februari 2017 | 06:45 WIB
Ketangguhan dan rasa percaya diri muncul melalui kegiatan bermusik dan menari. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Banyak hal positif bisa didapatkan anak dari kegiatan bermain yang dijalaninya. Misalnya, belajar berpikir kreatif, membuat strategi, atau berjiwa besar menerima kekalahan ketika bermain petak umpet. Atau belajar berani, mengambil risiko, dan percaya pada orang lain ketika bermain air di kolam renang. Dari kegiatan bermusik dan menari, anak ternyata juga belajar mengenai ketangguhan dan rasa percaya diri.

Baca: Anak yang Belajar Musik Lebih Berhasil Dalam Tes

Menurut Michael Hogenes, peneliti sekaligus ahli pendidikan musik dari The Hague University, Belanda, menari dan bermusik membantu meningkatkan kecerdasan anak (IQ) dan kematangan emosional (EQ). “Dengan bermain musik dan menari, anak akan belajar mengolah kemampuan bahasa, kreativitas, keterampilan sosial, pengenalan diri, dan perkembangan fisiknya,” ujarnya.

Michael juga mengatakan bahwa melalui lagu, anak bisa belajar mengenai konsep pengenalan kata. Sistem belajar musik yang dilakukan secara berkelompok bisa membangun keterampilan untuk bersosialisasi dan meningkatkan rasa percaya diri anak. Selain itu, ketika si kecil tampil di depan banyak orang, ia akan belajar untuk mengekspresikan dirinya dengan baik yang bisa diterima oleh orang lain.

Baca: Perkenalkan Anak Pada Musik Jika Ingin Cepat Bicara

Manfaat bermain musik Mary Luehrisen dari National Association of Music Merchants (NAMM) Foundation, AS, menambahkan, pengalaman bermusik yang sudah dibiasakan dari kecil, seperti bernyanyi, mendengarkan musik, dan bergerak dengan nyanyian, akan memberikan manfaat baik bagi anak saat beranjak ke pendidikan yang lebih formal.

Belajar musik tidak sekedar akan mengajarkan anak untuk mengeluarkan suara tetapi juga melakukan koordinasi mata, telinga, dan otot. Untuk itu, jika dilatih terus-menerus akan berpengaruh pada peningkatan IQ  anak. E. Glenn Schllenberg dari Universitas Toronto pun mengatakan bahwa anak yang diberikan pelajaran musik akan memiliki IQ tiga poin lebih tinggi daripada anak yang tidak mendapatkan pendidikan musik.

Baca: Pilih Piano Jika Anak Ingin Mulai Belajar Musik

Manfaat menari Selain bermain musik, menari dengan iringan lagu pun juga memberikan manfaat yang baik pada anak. Dalam artikel dari KompasFemale, penari profesional Hamdy Fabar, mengatakan, anak-anak yang belajar menari dianggap lebih disiplin, terutama yang belajar secara formal. Anak-anak tidak hanya diajarkan teknik dan gerakan menari, tapi juga belajar untuk disiplin dan taat akan aturan.

“Mereka juga akan lebih mudah bergaul karena secara tidak langsung menari akan meningkatkan rasa pecaya diri anak,” terang Hamdy.

Baca: Tip Ciptakan Suasana Nyaman Bermusik dengan Anak

Untuk itu, jika Mama melihat anak memiliki ketertarikan untuk memainkan alat musik atau menari, jangan tunda untuk mendaftarkan anak mengikuti kursus. Karena, manfaat bermusik dan menari pada anak sangat besar.