5 Cara Agar Rambut Tak Lepek Setelah Keramas

By Gisela Niken, Selasa, 7 Maret 2017 | 03:57 WIB
Rambut lepek setelah keramas bisa dicegah dengan berbagai cara (Gisela Niken)

Nakita.id – Sehabis keramas kok rambut malah lepek dan berminyak ya? Ternyata, ada beberapa hal yang kerap Ibu lakukan tanpa disadari dan menyebabkan rambut jadi lepek serta berminyak setelah keramas. Untuk itu, Ibu bisa melakukan cara-cara berikut ini agar rambut tak lepek setelah keramas.

1. Tidak terlalu sering menyisir rambut

Menyisir memang baik untuk mencegah rambut kusut. Namun, menyisir terlalu sering justru dapat merusak rambut, karena tekanan sisir pada kulit kepala sebetulnya akan merangsang kelenjar minyak di situ untuk berproduksi lebih. Kebanyakan minyak tentu tidak akan menghasilkan rambut yang bervolume, karena helai demi helainya tidak mengembang alias lepek.

Baca juga: Resep alami menghilangkan ketombe dengan cepat

2. Tidak menggosok kulit kepala terlalu keras

Andrew Barton, penata rambut asal Inggris yang pernah menerima penghargaan British Hairdresser Of The Year mengungkapkan, kesalahan yang kerap kita lakukan terjadi saat membersihkan rambut. Ini katanya, “Sebenarnya tidak apa-apa mencuci rambut setiap hari apalagi pada perempuan yang tinggal di daerah penuh polusi. Namun, Ibu harus berhati-hati saat menggosok kulit kepala. Menggosok kulit kepala terlalu keras akan mendorong kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak.

3. Tidak keramas dengan air cenderung panas

Siapa sangka keramas dengan air panas dapat merusak rambut. Menurut Andrew Barton, banyak perempuan salah sangka dan mencuci rambutnya dengan air panas. Banyak yang menyangka membasahi dan membilas rambut dengan air panas  akan membuat rambut lebih bersih. Ternyata, mencuci rambut cukup dengan air hangat-hangat kuku. Suhu hangat masih bersahabat dengan folikel rambut. “Air panas mengaktifkan kelenjar sebaceous yang mengeluarkan minyak sehingga dapat membuat rambut kembali berminyak setelah dicuci,” ujarnya.

Baca juga: 4 kesalahan saat menyisir rambut

4. Tidak menggunakan produk perawatan rambut secara berlebihan

Kadang kita ingin membuat rambut jadi lebih berkilau atau lebih lebat dengan menggunakan berbagai produk perawatan rambut. Misalnya saja serum, pelindung rambut, kondisioner, tonik, dan lainnya. Tunggu dulu, Ibu perlu memilih produk perawatan rambut yang cocok dan sesuai. Bisa saja, produk perawatan rambut tertentu justru membuat rambut Ibu tidak tampil maksimal. Bahan produk yang dipakai secara berlebihan bisa jadi menumpuk di kulit kepala dan memicu pertumbuhan minyak.

Baca juga: 5 kebiasaan yang menjadi penyebab rambut rontok