Tubuh Lentur dan Otot Jadi Kuat Berkat Peregangan Tubuh Secara Rutin

By Bonita Ningsih, Jumat, 10 Maret 2017 | 03:30 WIB
Peregangan otot bermanfaat untuk membuat tubuh lebih lentur. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Banyak orang yang mengalami cidera otot saat melakukan olahraga. Bukan tanpa sebab, cidera dapat terjadi lantaran kita tidak melakukan pemanasan atau peregangan otot dengan baik. Padahal manfaat peregangan otot bagi tubuh cukup banyak.

Baca: Ingin Perut Langsing tanpa Diet dan Olahraga?

Dengan meregangkan otot, kita akan memiliki otot-otot yang kuat sehingga dapat memaksimalkan gerakan sendi yang ada pada tubuh. Ini juga membantu melawan rasa nyeri saat melakukan olahraga. Beberapa manfaat lain dari peregangan otot ialah melancarkan peredaran darah, menghilangkan racun pada tubuh, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi selulit.

Untuk itu, luangkan sedikit untuk melakukan peregangan otot sebelum menjalani olahraga. Mama dapat melakukannya kurang lebih 5 hingga 10 menit sebelum berolahraga. Selain itu, Mama juga harus rutin menjalani olahraga sebanyak 3 hingga 5 kali dalam seminggu agar manfaatnya lebih terasa.

Baca: Diet ini Bisa Menurunkan Berat Badan 7 Kg dalam 7 Hari

Berikut ini salah satu contoh gerakan pemanasan atau peregangan otot yang mudah untuk dilakukan:

1. Pertama lakukan dalam posisi duduk. Pilih posisi duduk yang nyaman agar tubuh menjadi rileks. Lalu bungkukkan tubuh ke depan hingga wajah menyentuh lutut, lalu atur napas selama 10 detik. Bila gerakan Mama benar, akan terasa otot yang meregang di balik lutut Mama.

 2. Masih dalam posisi duduk, renggangkan kedua kaki hingga membentuk huruf V. Tekuk lutut kanan Mama, lalu condongkan badan ke depan dan biarkan tangan Mama meraih kaki kiri yang lurus.

Baca: Plank, Gerakan Simpel yang Cepat Susutkan Perut

Saat melakukannya, punggung dan pinggul akan terasa meregang. Jangan cepat menyerah, karena peregangan ini baik untuk melenturkan tubuh. Letakkan dagu dengan lembut untuk meregangkan bagian tulang belakang. Tahan napas selama 10 detik, lalu buang secara perlahan.

3. Ulangi cara nomor 2 dengan posisi kaki yang berbeda. Tekuk lutut kiri, dan luruskan lutut kanan. Tetap atur napas dengan baik agar Mama dapat merasakan manfaat peregangan otot pada tubuh.

Baca: Cegah Lemak Perut Sehabis Melahirkan dengan Probiotik