Ini Akibat Jika Mengonsumsi Vitamin D Terlalu Banyak

By Bonita Ningsih, Jumat, 10 Maret 2017 | 08:00 WIB
Terlalu banyak mengonsumsi vitamin D bisa menyebabkan sakit kepala. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Mungkin Mama sering mendengar kalimat "Terlalu banyak mengonsumsi sesuatu juga bisa menjadi hal yang buruk". Ini juga berlaku saat Mama terlalu banyak mengonsumsi vitamin D. Vitamin D diperlukan untuk menyerap kalsium ke dalam tubuh, menjaga kekebalan tubuh, meremajakan kulit, hingga mencegah osteoporosis. Meskipun begitu, Mama tetap harus memerhatikan konsumsi vitamin D sesuai dosis yang dibutuhkan, yaitu 1.000 IU atau 25 mikrogram tiap hari.

Vitamin D bisa diperoleh dari bahan makanan seperti sayuran hijau, tuna, susu, daging, dan minyak ikan. Namun dokter terkadang memberikan resep suplemen vitamin D jika Mama kekurangan bahan makanan yang mengandung vitamin D tersebut. Tetapi jika vitamin D dikonsumsi dalam bentuk suplemen, bisa jadi akan terjadi konsumsi yang berlebihan.

Berikut ini adalah tanda-tanda terlalu banyak mengonsumsi vitamin D:

1. Tekanan Darah Meningkat Vitamin D meningkatkan produksi sel darah, sehingga terlalu banyak vitamin D dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan.

2. Meningkatkan Kalsium Darah Mengonsumsi vitamin D terlalu banyak dapat meningkatkan kadar kalsium darah. Hal ini membuat tubuh tidak sehat karena dapat menyebabkan gejala seperti pusing, haus yang berlebihan, dan kelelahan.

3. Mual Banyak penelitian yang menemukan bahwa mengonsumsi vitamin D terlalu banyak dapat mengacaukan sistem pencernaan kita. Akibatnya, Mama akan mengalami gejala seperti mual dan muntah.

4. Kehilangan Nafsu Makan Vitamin D dikenal sebagai penahan rasa lapar. Oleh karena itu, kebanyakan mengonsumsi vitamin D dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan dan kekurangan gizi.

5. Sakit Perut Terlalu banyak mengonsumsi vitamin D dapat menyebabkan penyakit pencernaan seperti keasaman dan gastritis akibat reaksi tertentu pada perut, sehingga menimbulkan rasa sakit.

6. Gagal Ginjal Meningkatnya kadar kalsium dalam darah bisa menyebabkan seseorang terkena gagal ginjal. Untuk itu, jangan mengonsumsi vitamin D terlalu banyak karena dapat mengganggu kesehatan.

7. Membahayakan Sel Otak Kelebihan vitamin D juga dapat membahayakan sel-sel otak Mama. Vitamin D dapat mengurangi aliran darah yang mengandung oksigen, sehingga membuat orang kebingungan.

Pun demikian, vitamin D tetap merupakan vitamin yang sangat penting bagi tubuh seseorang. Vitamin D dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang yang lebih baik, terutama pada anak-anak. Jika anak tidak diberi vitamin D yang cukup, dapat mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan tulang dan giginya.

Sedangkan bagi orang dewasa, tidak mengonsumsi vitamin D dapat menimbulkan masalah tulang yang dikenal sebagai osteoporosis di kemudian hari.