Gadis Kecil Asal Suriah Ini Langsung Angkat Tangan Saat Difoto, Karena Mengira Ia Ditodong Senjata

By Avrizella Quenda, Rabu, 15 Maret 2017 | 08:18 WIB
Tampak gadis kecil tersebut mengangkat kedua tangannya saat hendak difoto (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Berbagai situasi mencekam mampu membuat insting anak bekerja. Pada foto yang sedang viral ini, tampak seorang gadis kecil di Suriah mengangkat kedua tangannya, pertanda "menyerah" kepada sang fotografer yang tengah membidikkan kamera ke arahnya. Ternyata, anak berusia empat tahun ini mengira  sang fotografer menodongkan sebuah senjata ke arahnya.

Gambar itu diambil di perkemahan pengungsi Atmeh di Suriah pada 2014. BBC melaporkan gadis kecil ini sedang melakukan perjalanan ke perkemahan dengan ibu dan dua saudara kandungnya. Mereka melakukan perjalanan sekitar 145 kilometer dari rumahnya di Hama untuk bisa sampai ke sana.

Baca juga: Penyebab Anak Jadi Penakut

"Saya menggunakan lensa tele, dan dia pikir itu senjata," cerita sang fotografer, Osman, kepada BBC. "Saya menyadari bahwa ia sangat ketakutan setelah saya mengambil gambarnya, dan ketika melihat hasilnya, dengan pose mangatupkan bibir dan mengangkat tangannya, saya merasa anak ini tidak biasa. Umumnya anak-anak akan lari kalau takut atau menyembunyikan wajah mereka atau tersenyum ketika mereka melihat kamera."

Sang fotografer lalu melanjutkan, "Bagi saya, lebih masuk akal untuk melihat penderitaan yang mereka alami, bukan melalui orang dewasa, tetapi melalui anak-anak. Foto ini  mencerminkan perasaan anak-anak yang tidak bersalah."

Baca juga: Anak Takut pada Orang Asing Apa Solusinya?

Melalui foto yang memperlihatkan ketakutan anak Suriah itu, sang fotografer ingin mengatakan, betapa seorang anak pun mempertaruhkan nyawanya untuk kesempatan melarikan diri sekecil apa pun dari pertumpahan darah. Sementara, negara seperti Amerika yang menjadi harapan bagi banyak pengungsi dari negara-negara yang bergejolak malah memberlakukan larangan bagi imigran asal Irak, Suriah, Iran, Sudan, Libya, Somalia dan Yaman. 

Baca juga: Surat Perpisahan Mengharukan Seorang Ibu Sebelum Anaknya Diadopsi