Ini Kriteria MPASI Pertama yang Baik dan Tepat untuk Bayi

By Gisela Niken, Selasa, 21 Maret 2017 | 05:11 WIB
Seperti apa ya MPASI pertama bayi yang tepat? (Gisela Niken)

Nakita.id – Ibu mungkin merasa sedikit deg-degan karena sebentar lagi si kecil harus dikenalkan pada makanan padat pendamping ASI. Masuk usia 6 bulan, bayi perlu mendapatkan makanan tambahan selain  ASI yang biasa dikenal MPASI untuk bayi. Untuk itu, Ibu perlu memahami beberapa hal yang berhubungan dengan MPASI pertamanya. Pastikan MPASI pertamanya sesuai dengan kebutuhan gizi bayi.

Baca juga: Pilihan Sayuran dan Buah Pertama untuk MPASI

1. Tekstur

Tekstur merupakan hal yang penting dalam mengenalkan MPASI pertama. Usahakan memberi MPASI dengan tekstur yang lembut dan halus. Pengenalan tekstur ini dilakukan secara bertahap. Menurut dr. Jenni Mgizi, SpGK, dalam tabloid Nakita Edisi 827, awali makanan bertekstur lunak dengan bubur susu kemudian bubur saring. “Selain itu frekuensi dan jumlah makanan yang diberikan juga penting. Mulailah dari jumlah makanan yang sedikit yakni 1-2 sendok teh saat pengenalan pertama,” ujarnya. Pemberiannya juga 2-3 kali sehari berdasarkan tingkat lapar sambil ASI tetap diberikan di luar jam manan makanan padatnya.

2. Jenis makanan

Menurut dr. Jenni, kebutuhan utama anak adalah zat besi. Nutrisi ini sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan pertumbuhan sel dalam tubuh bayi. Maka, Ibu bisa memberikan menu MPASI yang kaya akan zat besi. Makanan yang bisa Ibu pilih antara lain daging sapi, daging unggas dan juga dari sayuran hijau seperti bayam dan brokoli. MPASI yang terbuat dari beras juga direkomendasikan sebab beras merupakan bahan makanan yang memiliki risiko alergi rendah.

Baca juga: Bila MPASI Diberikan Terlalu Dini

3. Pembuatan yang aman

Tak hanya dari segi teksturd dan asupan gizinya saja, Ibu juga harus memastikan MPASI aman. Pastikan bahan MPASI, cara mengolah, menyimpan dan memberikannya juga aman. Ibu harus mencuci tangan sebelum atau sesudah mengolah dan memberikan MPASI. Wadah untuk menyimpan MPASI juga harus aman dari bahan kimia dan bebas dari kontaminasi bakteri. Perlengkapan makan bayi juga harus dipisahkan, dicuci bersih dan dikeringkan agar tidak terpapar bakteri dan virus.

Baca juga: 5 Jenis MPASI Terbaik Untuk Kesehatan Bayi

Ibu juga perlu memerhatikan waktu makan bayi. Ibu perlu mengenalkan sejak usia dini cara makan atau kebiasaan makan yang baik. Cobalah untuk menjauhkan gadget atau paparan televisi saat memberi makan bayi. “Ini akan membantu bayi paham mengenai waktu makan yang benar dan belajar mengenali rasa kenyang,” ujar Marilyn Tanner, RD, salah satu ahli gizi dari American Dietetic Association. Tak perlu kesal jika bayi membuat area makan berantakan sebab hal itu juga menjadi cara bayi bereksplorasi dan melatih koordinasi kemampuan indra pengecap dan koordinasi gerak tangannya.