Jangan Berteriak pada Anak Jika Ingin Menghukumnya

By Avrizella Quenda, Sabtu, 1 April 2017 | 10:43 WIB
jangan berteriak kepada anak untuk menghukumnya (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Jika orang tua jengkel, wajar jika mereka marah dan berteriak ke arah anak. Bahkan, banyak yang tak pikir panjang untuk meneriakkan kata-kata kasar jika menemukan kesalahan anak. Berkata kasar dianggap jauh lebih baik ketimbang menampar atau mengurungnya di dalam ruang gelap. Duh, padahal ini juga bukan pola asuh yang benar.

Meskipun tak ada kekerasan fisik ketika Anda berteriak pada anak-anak, kekerasan verbal mengikis kondisi mental, kepercayaan dirinya secara luar biasa.  

Baca juga : Jangan Lakukan Kekerasan Fisik untuk Menghukum Anak

Dr Sanghanayak Meshram, psikiater dan seksolog Mumbai memberikan pemahaman tentang bagaimana kekerasan verbal mempengaruhi si kecil ketika anak menerima kata-kata kasar, saran yang tidak diinginkan, perbandingan dan segala pikiran orang tua tentang anaknya. Berikut dampak dan cara yang dapat dilakukan Ibu jika memarahi atau meneriaki anak sesuai dengan usianya:

1. Bayi baru lahir hingga usia satu tahun: Anak-anak pada usia ini membutuhkan banyak cinta, perhatian, kasih sayang dan banyak kesabaran agar anak bisa menyesuaikan diri dengan dunia baru. Namun, jika Ibu menderita depresi pascamelahirkan, Anda mungkin lebih sering meneriaki anak. "Ini tidak membantu sama sekali. Bahkan jika Anda berteriak pada si kecil untuk menyampaikan pesan, itu hanya akan membuat orang bingung," ungkap Dr Sanghanayak.

Bagaimana pengaruhnya: Pada usia ini, berteriak hanyalah sebuah gangguan yang tidak dapat dimengerti anak. Anak mungkin akan lebih mudah marah dan bisa mengganggu siklus tidurnya. Memang tidak akan memiliki efek jangka panjang bagi anak, tetapi sebaiknya Ibu tahan diri agar tidak meneriaki bayi yang baru lahir.

Apa yang harus Ibu lakukan: Berilah pelukan, ajak anak bermain, dan tentu saja bicara padanya agar bayi lebih terikat dengan Ibu dan merasakan keamanan dan kenyamanan yang datang dari adanya ikatan batin orang tua.

Baca juga : Jangan Dihukum, Sebaiknya Lakukan Cara Ini Agar Batita Menurut

2.Usia satu sampai tiga tahun: Pada usia ini, anak-anak sangat rentan, dan cara Ibu bersikap padanya akan meninggalkan kesan yang kelak mungkin sulit dilupakan. Pada tahap ini, kita lebih sering berteriak untuk memastikan keselamatan mereka, bukan mendisiplinkan mereka. Misal, ketika Ibu berteriak jika ia berjalan di lantai basah, atau saat anak tidak mau menghabiskan makanannya, “Tapi sekali lagi, ini bukan hal yang bisa dipahami anak-anak,” kata Sanghanayak.

Bagaimana pengaruhnya: Pada usia ini, berteriak dan omelan membuat anak menjadi cemas. Hal ini juga dapat merusak kepercayaan diri dan enggan berpikir terbuka. Mereka lebih banyak memikirkan konsekuensinya ketimbang berani mengekspresikan diri, menurut Sanghanayak.

Apa yang harus Ibu lakukan: Begitu Ibu selesai memarahi dan meneriakinya, pilih tindakan yang lebih bijaksana untuk menyampaikan bahwa Ibu tetap mencintainya. “Anak-anak butuh penutupan dari episode seperti itu. Duduk dan katakan dengan tenang kepada anak Anda mengapa Anda harus berteriak dan mengapa tindakannya bisa berbahaya,” kata Dr. Sanghanayak. 

Baca juga : Ini Cara Menghukum Anak yang Tepat dan Efektif