Riset: Bayi Sering Mengamati Orang Dewasa Makan

By Avrizella Quenda, Selasa, 11 April 2017 | 11:30 WIB
Bayi Sering Mengamati Orang Dewasa yang Sedang Makan (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Preferensi makanan adalah masalah sosial. Apa yang kita pilih untuk kita makan tidak hanya bergantung pada rasa enak atau sehat dan tidak sehat. Orang-orang dalam budaya yang berbeda makan makanan yang berbeda. Dalam sebuah budaya, apa yang Anda makan bisa menjadi tanda jati diri Anda. 

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menunjukkan bahwa bayi usia 12 bulan mampu memahami bahwa preferensi pangan masyarakat tergantung pada kelompok sosial atau budaya mereka.

Yang menarik, riset ini menyimpulkan bahwa pikiran bayi-bayi tentang preferensi makanan tidak hanya tentang makanan itu sendiri. “Lebih tentang orang yang makan makanan, dan hubungan anara pilihan makanan dan kelompok sosial,” kata Katherine Kinzler, salah satu peneliti, dalam tulisannya mengenai hasil penelitian ini. 

Baca juga : 7 Tanda Anak Sedang Memanipulasi Orangtuanya

Sementara itu, psikolog perkembangan anak telah lama memanfaatkan fakta bahwa tatapan visual bayi dipandu oleh kepentingan mereka. Bayi cenderung melihat atau mengamati lebih lama pada sesuatu yang mengejutkan. Coba saja untuk melakukan sesuatu yang aneh pada saat Anda bertemu seorang bayi, dan Anda akan menjadi pusat perhatiannya.

Dengan menggunakan metode ini, para psikolog Zoe Liberman, Amanda Woodward, Kathleen Sullivan dan Katherine Kinzler melakukan serangkaian penelitian. Dipimpin oleh Profesor Zoe, mereka membawa lebih dari 200 bayi yang berusia 12 bulan bersama orang tua ke dalam laboratorium psikologi perkembangan. Kepada bayi-bayi ini, ditunjukkan video orang yang tampak mengekspresikan suka atau tidak suka terhadap makanan.

Baca juga : Perkembangan Panca Indera pada Bayi Baru Lahir

Misalnya, satu kelompok bayi melihat video dari orang yang makan makanan dan menyatakan bahwa orang tersebut menyukainya. Berikutnya melihat video dari orang kedua yang mencoba makanan yang sama dan juga menyukainya. Namun, ternyata video ini tidak sangat mengejutkan untuk bayi, sehingga para bayi ini pun tidak mengamati dalam waktu yang lama.

Tapi ketika bayi melihat orang kedua melakukan sesuatu yang tidak diduga - ketika orang kedua benci makanan yang disukai orang pertama, perhatian bayi tampak lebih lama. Dengan cara ini, peneliti bisa mengukur pola bayi dalam menggeneralisasi dari satu orang ke orang lain.

Riset ini menemukan beberapa pola mengejutkan. Jika dua orang dewasa bertindak seolah-olah mereka adalah teman, atau jika mereka berbicara bahasa yang sama, bayi berharap orang akan lebih memilih makanan yang sama. Tetapi jika dua orang dewasa bertindak seolah-olah mereka adalah musuh, atau jika mereka berbicara dua bahasa yang berbeda, bayi memperkirakan mereka akan memilih dua makanan yang berbeda.

Baca juga : Ini Caranya Memahami Isyarat Bayi Baru Lahir

Dalam pikiran bayi, tampaknya ada sesuatu yang khusus tentang hubungan antara budaya dan makanan. Ketika bayi melihat orang-orang menyukai dan tidak menyukai objek-objek yang tidak bisa dimakan, peneliti tidak mengamati pola hasil yang sama.