4 Alasan Mengapa Anak Laki-laki Tak Bisa Diam

By Gisela Niken, Jumat, 7 April 2017 | 04:39 WIB
Kenapa ya anak laki-laki aktif? (Gisela Niken)

Nakita.id – Mengasuh anak laki-laki memang punya tantangan tersendiri. Ibu akan mendapati si kecil gemar berlari ke sana kemari dan tidak mengenal lelah. Ternyata, ada alasan-alasan ilmiah mengapa anak laki-laki cenderung tak bisa diam. Tak perlu khawatir bahwa anak yang tak bisa diam mengalami masalah perkembangan sebab anak laki-laki apalagi di usia batita hingga balita cenderung sangat aktif.

Baca juga: Benarkah Anak Nakal Tandanya Cerdas?

1. Anak laki-laki senang berlari-lari dan melakukan kegiatan fisik

Melakukan kegiatan fisik memang menjadi hal yang disukai dan dibutuhkan anak laki-laki. Maka, jangan heran jika ia cenderung tidak bisa diam. Sebuah studi di Australia yang dilakukan oleh University of Canberra pada 2016 menemukan bahwa aktivitas fisik memang lebih banyak dilakukan oleh anak laki-laki dibanding perempuan. 

2. Senang mengambil risiko

Saat berada di sebuah tempat baru, anak laki-laki cenderung tak ragu untuk segera mengeksplorasi dan melakukan aktivitas yang berisiko cedera. Mereka hanya melihat dari sisi kesenangan. Dorongan ini juga membuat anak laki-laki cenderung bersikap kasar dan agresif. “Meskipun berbahaya, sikap ini akan membangun rasa percaya diri, tanggung jawab dan mandiri,” ujar Wendy Mogel Ph.D., penulis buku The Blessing of a Skinned Knee.

Baca juga: Cara Membedakan Anak Aktif dan Anak Hiperaktif 

3. Memiliki keterampilan baru

Saat  sudah bisa mulai berlari dan memanjat misalnya, anak laki-laki akan sangat senang dengan kemampuan baru itu. Menurut Susan J. Schwartz, direktur di New York University Child Study Center, hal ini akan membuat mereka tak bisa diam karena ingin mencoba menjajal kemampuan yang baru mereka miliki tadi. Sayangnya mereka tidak mampu mengontrol kemampuan tersebut sehingga tidak tahu kapan harus aktif dan kapan harus tenang.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Anak Terlalu Aktif 

4. Selalu ingin tahu

Tak hanya karena kemampuan fisiknya yang baru saja bertambah, sikap tak bisa diam juga disebabkan kemampuan otak anak yang sedang berkembang. “Anak usia 2 hingga 3 tahun memiliki rasa ingin tahu yang tinggi,  ditambah dengan energi yang sangat besar. Maka jangan heran jika mereka sangat lincah dan tak bisa diam,” ujar Kyle D. Pruett, MD, profesor psikologi di Yale School of Medicine.

Dorongan alami ini perlu diakomodasi dengan baik agar bermanfaat bagi latihan motoriknya. Tak perlu banyak dilarang jika memang tidak terlalu membahayakan. Lebih baik ajari anak laki-laki Ibu bagaimana melakukan aktivitasnya dengan aman.