Cara Alami Mengatasi Begah dan Sembelit Saat Hamil

By Gisela Niken, Senin, 10 April 2017 | 06:30 WIB
5 Makanan Pemicu Perut Kembung Saat Hamil (Puri)

Nakita.id -  Saat hamil, Ibu sangat mungkin mengalami masalah pencernaan seperti sembelit dan heartburn (perasaan terbakar di bagian perut dekat dada, akibat naiknya cairan asam lambung). Kondisi ini akan membuat Ibu tak nyaman, terlebih karena muncul tekanan yang datang dari perut, tempat janin bertumbuh semakin besar. Namun, ada cara alami untuk mengatasi gangguan perut saat hamil tersebut.

Baca juga:Garis Hitam di Perut Ibu Hamil, Berbahayakah?

Makanan menjadi hal yang harus diatur dalam mengatasi masalah perut ibu hamil. Sebaiknya Ibu mengonsumsi makanan dalam porsi kecil sepanjang hari. Hal ini dapat mencegah perut Ibu terasa penuh dan sakit. Selain itu, Ibu juga perlu mengunyah makanan dengan baik, dan jangan menelan sampai makanan benar-benar lembut. Makan dengan porsi kecil juga membantu Ibu mengatasi masalah morning sickness.

Ibu juga harus memilih makanan yang aman untuk dikonsumsi. Menurut Madeleine Sigman Grant, PhD, seorang ahli gizi kehamilan di University of Nevada, Las Vegas, makanan yang aman dikonsumsi antara lain makanan yang dimasak dengan matang dan tidak mengandung lemak serta berminyak. “Makanan yang mengandung gas dan kafein sebaiknya dikurangi atau tidak dikonsumsi sama sekali agar tak menimbulkan rasa tak enak di perut,” ujarnya.

Baca juga: Tip Atasi Nyeri Perut Saat Hamil 

Rajin mengonsumsi air putih juga menjadi kunci untuk mengatasi masalah perut saat hamil. Ibu juga perlu mengingat bahwa asupan air saat hamil meningkat. Janin di perut Ibu juga membutuhkan air sehingga Ibu juga harus mengonsumsi lebih banyak air dibanding biasanya. Air putih juga sangat baik untuk memperlancar sembelit. Tak hanya itu minum air putih juga baik untuk mencegah masalah kesehatan misalnya infeksi saluran kemih. Air putih akan membantu detoksifikasi sehingga proses pengeluaran urin juga lancar.

Baca juga:Kapan Perut Mulai Membesar Saat Hamil?

Sistem pencernaan ibu hamil juga bisa semakin lancar dengan bantuan bahan-bahan alami. Misalnya buah-buahan seperti kiwi, buah pir, lemon, apel dan pisang. Buah yang kaya akan vitamin ini baik untuk sistem pencernaan. Selain itu, sayuran hijau juga baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Tak lupa Ibu juga perlu menjaga kesehatan dengan olahraga selama hamil yang dapat memperlancar sistem pencernaan.