10 Tanda Mama Memang Ibu Jempolan

By Megiza, Selasa, 25 April 2017 | 05:45 WIB
Ibu yang baik bisa menertawakan ketidakrapian anaknya. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Mengungkapkan kelelahan karena mengurus anak dan kebutuhan rumah tangga sering dianggap sebagai keluhan wanita yang tidak siap mental menjadi seorang Ibu. Ketika ibu terlihat bolak-balik membawa anak ke rumah sakit karena demam tinggi atau terkena sakit musiman pun kerap menimbulkan anggapan bahwa ia tak becus merawat anak.

Belum lagi jika muncul masalah dengan pasangan yang membuat anak-anak menyaksikan pertengkaran Ayah dan Ibu. Kejadian seperti itu tak jarang membuat Ibu menjadi sosok yang disalahkan atas permasalahan yang terjadi di dalam rumah. 

Meski begitu, Ibu sebenarnya tak perlu merasa rendah diri ataupun gagal ketika dilanda masalah rumah tangga yang melelahkan. Penulis Today's the Best Day, Danielle Davis, menyebut ada 10 hal yang menunjukkan bahwa ibu telah melakukan peran sebagai ibu dengan baik jika menunjukkan 10 ciri berikut:

1. Memahami dirinya sendiri Ibu yang baik akan paham benar bahwa dia berperan penting di dalam kehidupan anggota keluarganya. Pemimpin agama di Amerika Serikat, Gordon B. Hinckley bahkan menyebut bahwa tidak ada satu orangpun yang dapat meragukan kekuatan kaum wanita. "Ibu adalah sosok yang berpengaruh langsung atas kehidupan anak-anak. Pengaruh Ibu adalah hal yang paling penting," katanya.

2. Menetapkan keluarga sebagai prioritas Keluar rumah demi menjemput anak tanpa mandi terlebih dahulu, tertidur di kursi goyang karena kelelahan menenangkan anaknya yang rewel, dan lebih memilih tinggal di rumah daripada bergaul dengan teman-teman, bisa menjadi ciri Ibu yang baik.

3. Memiliki hari yang buruk Menunggu-nunggu waktu tidur datang, atau hasrat ingin berlama-lama berendam di air hangat, atau mungkin momen di mana Ibu tak dapat menahan kesabaran karena menghadapi anak-anak yang menangis dan terus berteriak, ternyata bukanlah pertanda sebagai ibu yang buruk. Namun, alasan di balik itu semua membuat mereka layak disebut sebagai ibu yang baik. 

4. Menikmati hari-hari yang menyenangkan Mencecap nikmat ketika bisa menyiapkan sarapan untuk anak-anak, masih dapat berolahraga usai membersihkan cucian piring yang menumpuk di dapur, dan mengakhiri hari dengan berharap esok dapat merasakan momen yang membahagiakan, itu kembali adalah salah satu ciri Ibu yang baik. 

5. Mengerti tentang kesederhanaan Membahagiakan anak-anak tak lagi berarti mengajak anak pergi keluar rumah seperti ke mal atau liburan ke Bali. Namun, dapat mengajak anak untuk menghabiskan waktu di rumah dan bermain boneka, puzzle, atau berpiyama sepanjang bersama Ibu adalah pertanda Ibu telah melakukan pekerjaan dengan baik.

6. Beristirahat di malam hari dengan lebih cepat Mau meladeni anak bermain hingga jelang tengah malam juga menunjukkan Ibu adalah orangtua yang baik karena memiliki tenaga begitu besar. Tidak mengherankan, karena peran sebagai ibu kerap membuat wanita kelelahan. Hal itu dikarenakan banyak dari waktu Ibu yang diluangkan untuk orang lain. Tidur lebih cepat pun dapat menunjukkan tenaga yang sudah banyak terkuras sepanjang hari. 

7. Khawatir, penuh harapan dan berdoa Sebuah peribahasa mengatakan, "Beristirahatlah Ibu. Kekhawatiranmu tentang apakah kau telah menjadi Ibu yang baik sesungguhnya telah menunjukkan bahwa engkau adalah Ibu yang baik." Hal itu dapat diartikan bahwa keinginan seorang wanita untuk selalu menjadi ibu yang baik sudah menjadikan dia sebagai sosok tersebut. 

8. Mendorong dan mendukung anak-anaknya Seorang ibu yang baik menginginkan semua yang terbaik untuk anak-anaknya. Dia tahu bagaimana memuji dan menyemangati anaknya. Lewat hal-hal yang Ibu katakan, pertunjukan sekolah yang dihadiri, buku-buku yang dibaca, mengantar-jemput anak dan pelukan-pelukan yang diberikan, Ibu memberi tahu anak-anak bahwa mereka disayangi. 

9. Tahu bagaimana cara tertawa Tidak menunjukkan reaksi berlebihan dan malah menertawakan di saat anak menumpahkan susu, atau saat dia tak dapat menemukan kunci ketika harus terburu-buru pergi, adalah salah satu ciri ibu yang baik

Penulis buku Small and Simple Things, Marjorie Pay Hinckley mengatakan, "Cara untuk melewati masalah dalam kehidupan ini adalah dengan tertawa saat Ibu menghadapinya. Ibu punya pilihan untuk menangis atau tertawa. Tapi saya memilih untuk tertawa. Karena menangis hanya membuat saya sakit kepala."

10. Ibu yang baik adalah mereka yang tidak sempurna Yang paling penting dari ciri-ciri ibu yang baik adalah ketidaksempurnaan itu sendiri. Ibu yang baik akan melakukan kesalahan. Ibu yang baik akan berpikir tentang hal-hal yang telah mereka lakukan. Ibu yang baik juga bakal mengalami kebingungan, frustrasi, cemas dan gugup. Namun, seorang Ibu yang baik adalah yang mau belajar dari kesalahan dan mencoba untuk berbuat lebih baik di waktu mendatang.