Vitamin-vitamin Ini Bisa Mempercepat Kehamilan

By Megiza, Senin, 15 Mei 2017 | 07:55 WIB
Mengalami Menstruasi Setelah Tes Kehamilan Positif, Kok Bisa? (Gisela Niken)

Nakita.id - Hamil setelah menikah selalu menjadi kabar yang paling ditunggu-tunggu setiap pasangan. Namun, keberuntungan itu tidak datang dengan mudah bagi beberapa orang. Jika Anda ingin mempunyai peluang lebih besar untuk mengandung, sebaiknya ketahui vitamin apa saja yang dapat membantu mewujudkan mimpi besar Anda dan pasangan. 

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan University of Michigan Health System, ada vitamin tertentu yang dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil, dan tentunya meningkatkan kualitas sperma pasangan. Beberapa vitamin "pembawa kabar baik" itu adalah:

Asam folat 

Jika wanita hamil mengonsumsi asam folat dan vitamin B untuk mencegah cacat lahir seperti Spina Bifida, bagi pasangan yang sedang mengharapkan kehamilan, asam folat dapat meningkatkan kesuburan serta jumlah dan kualitas sperma. Menurut Fertility Factor, kandungan asam folat dapat ditemukan pada bayam, brokoli, kacang polong, kacang-kacangan, buah-buahan dan kacang kering. 

Propolis

Propolis merupakan zat yang berasal dari tunas daun dan kulit pohon terutama pohon konifer dan poplar. Lebah mengumpulkan propolis untuk membuat sarangnya. Wanita yang memiliki endometriosis ringan bisa mendapat beberapa manfaat kesuburan dengan mengonsumsi 500 miligram propolis dua kali sehari selama enam bulan.

Vitamin C

Wanita yang memiliki masalah kesuburan karena kelainan hormon mungkin mendapat beberapa manfaat dari mengonsumsi 750 miligram vitamin C sehari selama enam bulan. Pria yang mengonsumsi vitamin C juga dapat melindungi sperma mereka dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan munculnya penyakit. 

Bagi pria perokok, vitamin C dapat membantu memperbaiki kerusakan sperma akibat merokok. Selain itu, vitamin ini juga dapat mengurangi aglutinasi sperma, yakni sperma yang saling merekat.

Vitamin E

Pasangan yang mengonsumsi antioksidan vitamin E menunjukkan peningkatan kesuburan yang signifikan. Wanita yang menginginkan kehamilan dapat mengambil 200 IU per hari dan pria harus mengambil 100 IU. Pada hewan, kekurangan vitamin E dapat menyebabkan infertilitas.

Seng (Zinc)