Awas, 5 Makanan Ini Bisa Bikin Ketagihan!

By Irene Harris, Jumat, 28 April 2017 | 01:45 WIB
Es krim termasuk makanan yang bikin ketagihan. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Beberapa jenis makanan bisa membuat kita merasakan kenikmatan sejak gigitan pertama, sehingga tidak bisa berhenti makan. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalami hal ini.

Apa sebenarnya yang jadi rahasia sehingga beberapa makanan bisa bikin kita ketagihan? Ternyata, kuncinya terletak pada kombinasi jenis bahan berupa tepung putih, gula, dan tambahan lemak. Inilah yang membuat kadar gula darah jadi melonjak sehingga otak pun terangsang untuk terus ingin dan ingin lagi.

Dalam sebuah studi yang dimuat di jurnal PLOS One, seorang peneliti Nicole Avena, PhD, dari New York Obesity Research Center, Mount Sinai-St.Luke's Hospital, New York, memaparkan beberapa jenis makanan yang bisa bikin ketagihan.

Yang mengejutkan, sejumlah bahan makanan ini juga sering dimakan oleh anak-anak kita. Menurut Avena, jenis makanan yang banyak mengandung gula dan lemak, serta kurang mengandung serat ini tidak bisa dihindari sepenuhnya. Namun, sebaiknya orangtua mulai membatasi jenis makanan ini agar anak tidak mengonsumsi secara berlebihan.

Inilah lima dari beberapa jenis makanan yang bisa bikin ketagihan:

1. Cokelat "Jenis cokelat susu mengandung banyak lemak," kata Avena. Supaya tidak bikin ketagihan, Avena menganjurkan Ibu untuk memperkenalkan anak pada dark chocolate yang lebih pahit rasanya. "Awalnya memang tidak enak, namun lambat laun lidah akan menyesuaikan rasanya," kata Avena lagi.

2. Kue kering Camilan yang satu ini sebaiknya dihindari, kata Avena. Sebab, bahan utamanya adalah tepung dan gula. Jika si Kecil suka makan kue kering sebagai camilan, mungkin lebih baik Ibu membuat sendiri kue kering di rumah sehingga bahan-bahannya bisa lebih sehat.   3. Es krim Siapa yang tak setuju es krim termasuk makanan yang bikin ketagihan? Pasti tidak ada. Tentu boleh saja makan es krim, tapi cukup dalam porsi kecil. "Jadi, lebih baik Ibu belikan satu mangkuk kecil dan makan di tempat, daripada berbelanja satu kontainer dan menyimpannya di kulkas rumah," kata Avena. Semakin sulit cara mendapatkan es krim, semakin sedikit jumlah yang dikonsumsi.

4. Sereal sarapan Sereal yang banyak dijual di pasar mengandung banyak gula. "Karenanya, perhatikan benar-benar label pada kemasan," kata Avena. Organisasi bernama The Environmental Working Group merekomendasikan Ibu untuk mencari sereal yang mengandung gula kurang dari 4 gram per saji.

5. Kentang dan ayam goreng cepat saji Kurangi kunjungan ke restoran cepat saji, karena kentang dan ayam goreng yang disajikan di sana cenderung diolah dengan lemak dan garam berlebihan. Selain itu, proses memasaknya digoreng dalam banyak minyak. Menurut Avena, akan lebih baik jika Ibu membuat dua makanan ini di rumah dengan pilihan bahan dan cara pengolahan lebih baik. Misalnya, ayamnya lebih baik dipanggang daripada digoreng dengan banyak minyak.