Perlu Tahu! Ini Perubahan Fisik Saat Hamil Muda

By Gisela Niken, Rabu, 10 Mei 2017 | 04:30 WIB
Ibu perlu mengenal perubahan fisik saat hamil muda (Gisela Niken)

Nakita.id – Saat kehamilan terjadi, banyak hal berubah pada tubuh Ibu. Salah satu yang paling terlihat adalah perubahan fisik, tak peduli janin  masih berupa embrio yang berukuran sangat kecil. Apa saja ya perubahan fisik yang dialami?

Baca juga: Tips Menerima Perubahan Fisik Saat Hamil

1. Rambut dan kuku                                         

Ibu hamil muda mengalami pertumbuhan rambut yang lebih cepat; cepat panjang dan lebat. Perubahan hormon menjadi penyebab dari perubahan fisik ini. Alexa Kimball, ahli dermatologi di Clinical Unit for Research Trials in Skin di Brigham and Women's Hospital, Boston mengungkapkan penyebabnya adalah kadar hormon androgen yang meningkat. Menurutnya, kondisi ini akan terjadi sepanjang kehamilan dan mulai berangsur normal setelah tiga hingga enam bulan setelah melahirkan. Perubahan yang sama juga terjadi pada bagian kuku, bahkan jika tak dirawat kuku bisa saja jadi mudah rapuh.

2. Payudara

Selama tiga bulan pertama kehamilan, produksi lemak dan kelenjar susu di payudara mulai meningkat. Menurut March of Dimes, sebuah organisasi nirlaba yang fokus pada kesehatan ibu dan anak mengungkapkan perubahan ini merupakan persiapan untuk menyusui. Biasanya setelah payudara membesar di trimester pertama, Ibu akan menemui beberapa keadaan di mana ASI keluar dari payudara di trimester kedua hingga ketiga. Ibu hanya perlu memilih bra yang tepat agar payudara tidak mengalami iritasi atau nyeri akibat ukuran atau jenis bra yang tidak nyaman.

Baca juga: Perubahan Payudara Ibu Hamil 

3. Indra penglihatan

Perubahan hormon di awal kehamilan memang berdampak cukup banyak termasuk ke masalah indra penglihatan. Perubahan tadi dapat mengurangi produksi air mata yang menyebabnyak mata kering, iritasi dan rasa tidak nyaman. Ibu mungkin mengalami penumpukan cairan di bagian mata sehingga dapat mengganggu penglihatan selama hamil.  Meski gangguan penglihatan ini normal, Ibu perlu waspada jika penglihatan kabur terus terjadi setelah melahirkan karena bisa saja sebagai tanda mengalami diabetes ataupun tekanan darah tinggi.

Baca juga: Kurangi Perubahan Kulit pada Ibu Hamil

4. Selera makan

Perubahan fisik saat hamil muda yang mungkin terjadi adalah perubahan selera makanan dan minuman. Mungkin saat hamil Ibu bisa saja menolak makanan yang lezat atau mungkin Ibu jadi senang makan makanan tertentu yang tidak biasanya disuka. Hal ini sejalan dengan indra pengecapan dan penciuman yang ikut berubah. Denyse Kirkby, seorang bidan sekaligus penulis buku My Mini Midwife mengungkapkan volume aliran darah di tubuh meningkat hingga 50% saat hamil. “Jadi apapun yang bergerak ke otak akan lebih cepat dan jumlahnya jadi semakin banyak. Hal ini akan meningkatkan respon Ibu terhadap sesuatu maka akan terjadi perubahan selera makan,” ujarnya.