Susah Tidur Bisa Terjadi Saat Hamil Muda, Ini yang Perlu Dilakukan

By Gisela Niken, Rabu, 10 Mei 2017 | 06:46 WIB
Susah tidur saat hamil muda, bagaimana cara mengatasinya? (Gisela Niken)

Nakita.id – Tidur menjadi masalah yang umum dialami Ibu di sepanjang kehamilan. Tidak hanya di akhir kehamilan saja, Ibu bisa saja mengalami masalah gangguan tidur di awal kehamilan. Perubahan tubuh saat mulai hamil sangat berpotensi mengganggu tidur nyenyak. Menurut laporan National Sleep Foundation, sebanyak 78% perempuan mengalami gangguan tidur selama kehamilan. Lalu apa yang sebenarnya terjadi selama awal kehamilan? Apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi susah tidur saat hamil muda?

Baca juga: Risiko Jika Ibu Hamil Tidur Menghadap ke Kanan 

Di awal kehamilan, Ibu umumnya akan merasa sangat mengantuk terutama di siang hari. Hormon progesteron yang meningkat akan membawa perubahan mendadak dalam hal tdur. Hormon ini menyebabkan kelelahan dan keinginan untuk tidur terus. Namun, sebuah penelitian yang berudul "Longitudinal Changes In Sleep Architecture During Pregnancy and Postpartum" menemukan bahwa di awal kehamilan waktu tidur jadi meningkat namun kualitasnya sangat buruk. Ibu akan jadi sulit tidur tanpa terjaga terus-menerus.

Selain itu, susah tidur di awal kehamilan juga disebabkan masalah perubahan fisik seperti pembesaran payudara yang kadang menimbulkan rasa nyeri, mual muntah, demam, hingga rasa pegal. Maka, penting bagi Ibu untuk megatur jadwal tidur agar tidak terlalu lama ataupun terlalu sebentar. “Sebaiknya ibu hamil muda tidur siang antara jam dua siang hingga jam empat sore. Jika terlalu lama atau terlalu sore, Ibu akan mengalami masalah tidur di malam hari,” ujar Teresa Ann Hoffman, M.D., seorang dokter obgin di Mercy Medical Center Baltimore, Amerika Serikat. Ibu lebih baik tidur dengan durasi pendek namun nyenyak dibanding durasi panjang namun tergganggu.

Baca juga: Bantal Ibu Hamil yang Bikin Relaks dan Tidur Lebih Nyenyak

Masalah yang mungkin terjadi adalah Ibu mulai lebih sering bolak balik ke toilet. Dr. Hoffman merekomendasikan untuk mengurangi cairan yang masuk menjelang tidur malam. “Terutama jangan konsumsi minuman berkafein jelang tidur. Jika ingin mengonsumsinya, lakukan di pagi hari namun dengan jumlah yang aman,” ujarnya. Ibu juga perlu melakukan aktivitas fisik yang sederhana seperti berjalan kaki di pagi hari. Ternyata cara sederhana ini dapat membantu Ibu untuk tidur nyenyak.

Baca juga: Posisi Tidur Yang Tepat Saat Hamil 

Untuk mengatasi susah tidur saat hamil muda, Ibu juga perlu menyiasati masalah mual dan muntah yang bisa saja mengganggu waktu tidur. Dr. Aaron Caughet, M.D., Ph.D., profesor dari Oregon Health and Science University School of Medicine di AS merekomendasikan Ibu untuk mengonsumsi makanan ringan yang tinggi protein. “Biasakan untuk makan dengan porsi kecil beberapa kali sepanjang hari hingga malam hari untuk menghindari mual,” ujarnya.