Hal yang Perlu Ibu Ketahui Jika Bayi Menggunakan Empeng

By Avrizella Quenda, Sabtu, 13 Mei 2017 | 22:53 WIB
Benarkah empeng bisa bikin bayi berhenti menyusu? (Dini Felicitas)

Nakita.id - Empeng adalah salah satu "senjata" terbaik orang tua ketika harus menenangkan bayi. Empeng juga dapat membantu dalam pencegahan Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS). Apalagi, empeng mudah dibawa ke mana-mana saat bepergian atau mengunjungi dokter. 

Yang perlu diperhatikan adalah, seperti semua produk lain yang masuk ke mulut bayi, orang tua harus berhati-hati dengan empengan yang mereka beli dan gunakan. Jika mengikuti tip ini, empeng akan berfungsi dengan baik untuk si kecil.

Empeng

Bayi cenderung memiliki refleks mengisap kuat, refleks yang memaksa bayi menyedot apa pun yang menyentuh bibir atau daerah sekitarnya. Refleks ini membantu ia mendapatkan nutrisi, dan pada gilirannya juga memperoleh kepuasan. Empeng menawarkan peralatan pengisap yang bersih dan aman untuk membantu menenangkan bayi. Empeng terdiri dari tiga bagian: bentuk yang seperti perisai dengan lubang untuk ventilasi, puting atau dot yang terbuat dari bahan elastis yang lembut, dan cincin untuk menahan dot.

(Baca juga : Cara Bijak Memberikan Empeng)

Tip Keamanan

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih, menggunakan dan merawat empeng.

Memilih empeng yang tepat

Ada banyak jenis empeng yang bisa dipilih, dari yang polos hingga yang berkualitas tinggi. Pilih empeng yang tepat untuk si kecil dengan mengikuti tip berikut ini:

- Umur yang tepat: Pilih empeng yang sesuai untuk usia bayi. Empeng dengan dot yang terlalu besar atau terlalu kecil akan menimbulkan bahaya tersedak pada anak.

- Desain: Hindari empeng yang memiliki bagian yang mudah terlepas karena bisa menjadi bahaya tersedak.

- Ventilasi: Lubang ventilasi pada perisai harus mencakup luas permukaan minimum 20 mm persegi dengan paling sedikit dua lubang masing-masing 4 mm. Untuk berada di sisi yang aman, area lubang harus sebanding dengan kuku jari kelingking Ibu. Pastikan lubangnya tidak terhalang.