Kesalahan Berolahraga yang Bikin Diet Gagal

By Heni Wiradimaja, Selasa, 23 Mei 2017 | 00:45 WIB
Kesalahan olahraga yag membuat gagal diet perlu Ibu hindari (Heni Wiradimaja)

Nakita.id – Olahraga menjadi salah satu cara yang digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Sayangnya tak banyak orang yang paham mengenai cara tepat dalam berolahraga yang baik untuk membakar kalori sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Berikut kesalahan saat olahraga yang ternyata justru membuat Ibu jadi gagal diet.

Baca juga: Stop Olahraga Jika Mengalami Tanda Ini

1. Olahraga jarang sehingga durasi diperpanjang

Sulit untuk menyempatkan waktu olahraga membuat Ibu jadi jarang berolahraga. Mungkin banyak orang yang menganggap bahwa tak masalah jarang berolahraga yang penting durasinya cukup panjang sehingga dapat membakar lebih banyak kalori. Hal ini ternyata belum tentu benar.

Menurut dr. Phaidon Lumban Toruan, MM., konsultan kebugaran dari Indonesian Anti-aging Society, olahraga lebih sering ternyata dapat membakar lebih banyak kalori. “Proses pembakaran kalori tidak hanya terjadi saat olahraga saja, tetapi juga sesudahnya,” ujarnya seperti yang dilansir dari Majalah Prevention Indonesia Edisi Maret 2011.

Agar siap olahraga dengan intesintas tinggi, Ibu perlu berolahraga secara bertahap agar terhindar dari cedera ataupun masalah lainnya.

Baca juga: Langsing Usai Melahirkan Tanpa Olahraga dan Diet Ketat

2. Lupa melakukan pemanasan dan pendinginan

Yang terpenting dari berolahraga bukan hanya olahraga apa yang dilakukan, sebab Ibu perlu memerhatikan bagian pemanasan dan pendinginan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Sidney mengungkapkan, cedera dapat dicegah dengan melakukan pemanasan terlebih dulu sebelum berolahraga.

Sementara pendinginan diperlukan untuk menormalkan aliran darah dan debar jantung yang kencang akibat olahraga. Pendinginan ini pun ternyata bisa mencegah rasa lapar yang berlebihan setelah olahraga.

3. Tidak mengisi perut sebelum berolahraga

Hal ini masih jadi polemik di antara para ahli. Tentu saja tidak makan sebelum berolahraga bertujuan agar berat badan yang turun semakin terasa. Padahal, menurut Jessica Smith, trainer sekaligus pembawa acara kebugaran di jessicasmithtv.com makan cukup sebelum berolahraga justru akan mencegah nafsu makan yang berlebihan setelah berolahraga.