Bayi Hanya Mau Tidur Kalau Digendong? Ini Solusinya

By Heni Wiradimaja, Jumat, 26 Mei 2017 | 09:30 WIB
Ibu perlu melakukan banyak hal saat bayi hanya mau tidur jika digendong (Heni Wiradimaja)

Nakita.id – Membuat bayi tidur nyenyak memang hal yang sulit apalagi pada bayi yang belum memiliki jadwal tidur yang teratur. Salah satu kebiasaan yang kerap dialami para Ibu adalah bayi yang hanya mau tidur kalau digendong.

Baca juga: Hati-hati Salah Menyusui Bikin Salah Tidur

Kondisi ini tentu akan membuat Ibu lelah, belum lagi si kecil akan terbangun jika diletakkan di tempat tidur. Untuk itu, Ibu perlu menciptakan suasana nyaman sama seperti ketika si kecil tertidur di dekapan Ibu.

Harvey Karp, MD, seorang penulis buku The Happiest Baby on The Block mengugkapkan bayi baru lahir sangat terbiasa tidur di tengah kebisingan dan goyangan saat berada di dalam rahim. Maka, ia juga membutuhkan suasana yang sama.

Karp merekomendasikan untuk Ibu memutarkan musik yang mengalun pelan. Perkenalkan musik ini selama beberapa hari saat Ibu menggendongnya sebelum tidur. “Intinya kita menciptakan kenyamanan lain sehingga tak membutuhkan kehadiran Ibu agar ia tidur,” ujarnya.

Baca juga: 11 Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak

Ibu juga bisa melatihnya untuk tidur sendiri di tempat tidurnya. Mulailah dengan menggendongnya lalu saat ia akan tertidur, letakkan di atas kasur. Saat ia mulai menangis atau rewel, cobalah menyentuhnya dengan halus.

Claire Lerner, seorang direktur dalam Zero to Three, the National Center for Infants, Toddlers, and Families mengatakan konsistensi orangtua sangat dibutuhkan dalam membiasakan ia tidur sendiri.

Menurut Janet Lansbury, penulis buku Elevating Child Care, Ibu juga perlu menyiapkan suasana yang mendukung. Misalnya ruangan dengan suhu yang tidak terlalu panas atau dingin.

Baca juga: Bayi Baru Lahir Tidur Terus, Haruskah Dikhawatirkan?

Kadang kali, masalah tidur ini disebabkan oleh rasa kurang percaya diri pada Ibu untuk membiarkannya tertidur sendiri. Maka, Ibu perlu mulai melatihnya untuk tertidur tanpa perlu digendong. Jika menangis, usahakan jangan langsung melakukan reaksi seperti menyalakan lampu bahkan memberinya ASI.

Ibu juga bisa mulai melatihnya saat ia tidur siang. Hal ini akan membantu Ibu lebih percaya diri dan membantu si kecil paham rutinitas atau kebiasaan tidur yang baik untuknya.