Ini Caranya untuk Mencegah Bayi Rewel Karena Susah Tidur

By Heni Wiradimaja, Selasa, 30 Mei 2017 | 06:30 WIB
Ada banyak cara untuk mengatasi agar bayi tidak rewel karena susah tidur (Heni Wiradimaja)

Nakita.id – Bayi baru lahir memang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Namun, Ibu perlu melatih kebiasaan yang baik agar tidurnya cukup dan membantu tumbuh kembangnya.

Priyanka Yadav, D.O., spesialis tidur anak di Somerset Medical Center, New Jersey, Amerika Serikat mengungkapkan salah satu hal terpenting yang bisa Ibu lakukan adalah mengenali kapan si kecil mengantuk. “Tanda umum yang bisa kita lihat sejak bayi baru lahir adalah menggosok mata dan ia jadi mudah rewel,” ujarnya.

Baca juga: Tip untuk Membantu Bayi Tidur Telentang Sepanjang Malam

Setelah memahami tanda-tanda bayi mengantuk, kini Ibu perlu melatih bayi tertidur saat ia mengantuk. Begitu tanda mengantuk muncul, letakkan bayi di tempat tidurnya agar ia tak terbiasa tidur di gendongan Ibu ataupun tertidur di tempat lainnya.

Dr. Guzman, M.D., direktur Sleep Institute of Florida at West Boca Medical Center mengungkapkan bayi yang terbiasa tertidur dengan rasa kantuknya tidak akan mengalami masalah tidur di kemudian hari.

Cara lain yang bisa Ibu lakukan adalah mengajarkan padanya perbedaan antara siang dan malam hari. Mandy Gurney, founder Millpond Children’s Sleep Clinic di Inggris mengungkapkan mengajari bayi mengenai waktu sangat penting mengingat bayi baru lahir menghabiskan rata-rata 16 jam untuk tidur.

Baca juga: Pola Tidur Bayi dari Lahir Sampai Usia 3 Bulan

Pada siang hari, biasakan bayi mendengar atau merasakan keramaian di rumah. Misalnya ada suara televisi atau suara orang-orang berbincang. Sementara pada malam hari, hindari memberikan stimulasi. Buat suasana tenang dan hindari terlalu banyak kontak mata.

Suasana kamar tidur yang mendukung juga memainkan peran penting dalam mengatasi bayi rewel. Ibu perlu memastikan tak banyak barang yang ada di sekitarnya. Bayi membutuhkan udara dan ruang yang luas agar ia tetap nyaman saat tertidur.

Baca juga: Bayi Tidur Cepat Lelap dengan Enam Langkah Mudah

Tak kalah penting yang perlu Ibu lakukan adalah memahami karakter anak. Scott Cohen, pediatri sekaligus penulis buku Eat Sleep Poop: A Common Sense Guide to Your Baby’s First Year menggambarkan bagaimana setiap anak punya ciri khas dalam tidur.

“Hal ini disesuaikan dengan kepribadian anak saja. Misalnya anak yang cenderung aktif akan dengan mudah terstimulus sehingga Ibu perlu mengurangi stimulasi,” ujarnya. Maka, Ibu perlu memahami bagaimana pola serta bagaimana kebiasaan anak sehari-hari saat tidur.