7 Tip Agar Ibu Mudah Melahirkan Normal

By Ida Rosdalina, Sabtu, 3 Juni 2017 | 08:30 WIB
7 Tip Agar Perempuan Mudah Melahirkan Normal (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Kelahiran alamiah tanpa bantuan obat-obatan adalah cita-cita 85 persen perempuan hamil, menurut Healthy People 2020. 15 persen lainnya memiliki komplikasi kesehatan yang membuat mereka berisiko tinggi jika melahirkan normal sehingga mereka membutuhkan intervensi seperti operasi caesar, untuk menyelamatkan bayi dan ibu. Namun, kita tahu bahwa meskipun 85 persen perempuan dalam kategori risiko rendah melahirkan lewat vagina, hanya sekitar 67,2 persen perempuan di AS bisa melahirkan normal, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. 32,8 persen sisanya harus menjalani operasi caesar. 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, sekitar 61 persen perempuan yang melahirkan normal memiliki epidural (bius lokal). Sekitar 39 persen lainnya melahirkan tanpa bantuan obat-obatan atau sedikit saja menggunakan penghilang rasa sakit. Jika Ibu sangat ingin melahirkan secara normal, cobalah mengikuti tujuh tip berikut ini:

1. Dapatkan edukasi prenatal yang solid

Carilah informasi yang mencakup bagaimana teknik kerja kelahiran normal dan teknik penanganan nyeri alami, seperti pernapasan, self-hypnosis, relaksasi dan mekanisme penanganan lainnya. Rumah sakit mungkin menawarkan pelatihan singkat sebelum menghadapi proses persalinan, tapi hal itu mungkin tidak cukup, terutama jika Ibu memiliki tingkat epidural atau bedah caesar yang tinggi.

(Baca juga : Persalinan Normal, Ini Tahapannya)

2. Pilihlah penyedia layanan kesehatan yang bisa menangani kelahiran normal

Ibu butuh dengan cermat dalam memilih calon rumah sakit, di mana Ibu ingin melahirkan bayi. Karena hal ini juga menjadi faktor penting kesuksesan dan keberhasilan melahirkan normal. Ibu dapat mencari track record-nya dari keluarga, teman, tetangga dan bisa juga bertanya langsung pada pihak rumah sakit.

3. Jangan terlalu banyak bertambah berat badan

Kehamilan cenderung berjalan lebih lancar bagi perempuan yang tidak kelebihan berat badan. Jadi Ibu akan memiliki lebih sedikit komplikasi dan memerlukan lebih sedikit intervensi medis. Jika dimungkinkan, rutinlah cek berat badan Ibu selama kehamilan bertambah usia hingga menjelang kelahiran.

4. Jalankan kehamilan dengan intervensi rendah

Intervensi rendah selama persalinan akan memudahkan Ibu melahirkan secara normal. Jika Ibu tidak memiliki masalah kesehatan tertentu, pilihlah lebih sedikit tes, perawatan dan intervensi selama kehamilan. Jelas, beberapa tes kesehatan penting bagi setiap ibu hamil, namun banyak di antaranya bersifat opsional.

(Baca juga : Kebiasaan Saat Hamil Ini Dapat Membantu Ibu Melahirkan Secara Normal)