Terungkap! Ini Manfaat Kesehatan Mandi Air Dingin dan Air Panas Bergantian

By Ida Rosdalina, Rabu, 7 Juni 2017 | 02:45 WIB
Terungkap! Ini Manfaat Kesehatan Mandi Air Dingin dan Air Panas Bergantian (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Sudah lama orang menyadari khasiat dari mandi air dingin dan juga air panas. Hal ini didukung pernyataan seorang komik berusia 64 tahun Ruby Wax. Ia mengungkapkan bahwa mandi air dingin atau mandi setiap hari dapat memberikan efek kulit awet muda dan mencegah keriput.

Para ilmuwan pun menemukan manfaat kesehatan yang lebih banyak dari mandi air dingin, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi suasana hati yang buruk. Para ahli mengatakan hasil terbaik bukan berasal dari mandi air dingin atau mandi air panas, tapi bergantian antara air panas dan air dingin.

(Baca juga : Awas, Jangan Mandi pada Jam-jam Ini)

Teknik ini, yang dikenal sebagai terapi kontras air, melibatkan mandi sekitar 20 menit menggunakan air panas selama tiga sampai empat menit sebelum beralih ke air dingin selama satu menit dan kemudian kembali lagi.

Berdiri di bawah shower atau duduk di dalam bathup dengan menggunakan air panas selama beberapa menit berguna membuka pembuluh darah di kulit dan otot, dan memperbaiki aliran darah kaya oksigen. Lalu, beralihlah ke air dingin selama satu menit yang berguna membuat pembuluh darah yang sama langsung menyempit, mengurangi aliran darah.

Selama 20 menit tubuh akan menciptakan mekanisme "pemompaan", di mana lebih banyak darah kaya oksigen mengalir ke otot dan jaringan di dekat kulit, sementara darah yang lebih terdeoksigenasi (darah yang telah memasukkan muatan oksigen ke otot dan jaringan) kemudian ditarik kembali melalui pembuluh darah ke paru-paru, untuk mengumpulkan lebih banyak oksigen.

(Baca juga : Ini Manfaat Tak Terduga Jika Mandi Air Dingin di Pagi Hari)

Cara mandi ini memiliki banyak manfaat, termasuk membantu mengurangi nyeri otot setelah berolahraga. Selama latihan berat, darah kaya oksigen tidak dapat mencapai otot agar sesuai dengan tingkat di mana oksigen digunakan. Sebagai tanggapan, otot melepaskan zat yang disebut asam laktat yang menyebabkan sensasi terbakar yang menyakitkan dan bisa menunda pemulihan setelah berolahraga.

Namun, terapi kontras air dianggap bisa membantu membersihkan otot-otot asam laktat dan mempercepat pemulihan. Sementara itu, sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu oleh Academic Medical Center di Amsterdam menemukan bahwa mandi 'air panas-dingin' setiap hari dapat mengurangi risiko sakit hampir 30 persen.

Ilmuwan percaya beralihnya mandi dari air panas ke dingin mendorong jumlah sel sistem kekebalan melawan penyakit seperti monosit (sel darah putih).

Namun, Georgios Tzenichristos, seorang ilmuwan olahraga yang mengkhususkan diri dalam perawatan kulit di The Hale Clinic, London, mengatakan bahwa terapi air kontras dapat membantu meningkatkan aliran darah ke kapiler kecil yang berada di dekat permukaan kulit dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap elastis dan kencang.

(Baca juga : Akhiri Saat Mandi dengan Air Dingin, Tips dari Pasukan AL yang Perlu Ditiru)