Ini Alasannya Mengapa Ibu Perlu Minum Susu Hingga Tua

By Heni Wiradimaja, Kamis, 8 Juni 2017 | 02:30 WIB
Turunkan Berat Badan Dengan Sarapan Susu (Gisela Niken)

Nakita.id – Minum susu sebaiknya tidak berhenti hingga masa kanak-kanak terlewati, sebab susu juga dapat memberikan manfaat hingga usia dewasa. Kira-kira apa saja manfaat susu bagi tubuh khususnya tubuh perempuan yang sudah memiliki anak seperti kita?

1. Membantu menurunkan berat badan

Banyak orang yang takut minum susu akibat takut mengalami kegemukan. Justru hal ini tidak sepenuhnya benar. “Minum susu akan membantu kita untuk menurunkan risiko mengalami kelebihan berat badan,” ujar dr. Marudut, MPS, ahli gizi yang berbicara dalam Diskusi Cerdas Frisian Flag Indonesia Seri 2 di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Jangan Biasakan Anak Minum Susu Sambil Tiduran

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa minum susu akan menjaga tubuh agar tidak mengalami kelebihan berat badan. Menurut penelitian ini, tubuh yang jadi mengandung vitamin D lebih tinggi akibat minum susu juga menyumbangkan manfaat penurunan berat badan.

2. Mencegah pengeroposan tulang

Semua tentu paham bahwa kandungan kalsium yang terkandung dalam susu berkaitan dengan bahan pembuat tulang. Semakin rajin kita mengonsumsi susu semakin banyak cadangan kalsium pada tulang kita. “Apalagi jumlah mineral pada perempuan cenderung lebih rendah dibanding laki-laki,” ujar Dr. Marudut.

Menurutnya proses pembentukan kepadatan mineral tulang memang terjadi saat kita remaja. Namun, asupan kalsium di masa dewasa lanjut tetap bermanfaat memelihara kepadatan tulang. Salah satu sumber kalsium yang baik adalah susu.

Baca juga: Risiko Jika Anak Maunya Minum Susu Saja

3. Mengembalikan energi

Beraktivitas yang cukup berat seperti berolahraga membuat tubuh kita lelah. Nah, minum susu dapat membantu Ibu kembali  pulih dengan cepat dan mendapatkan energi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Medicine & Science in Sport & Exercise mengungkapkan protein susu yang masuk sebelum tidur dapat membantu tubuh cepat pulih dari kelelahan sepanjang hari.