5 Cara yang Bisa Ayah Lakukan untuk Menenangkan Bayi

By Saeful Imam, Rabu, 21 Juni 2017 | 07:00 WIB
5 Cara yang Bisa Ayah Lakukan untuk Menenangkan Bayi (Saeful Imam)

Nakita.id - Menjaga bayi umumnya dianggap sebagai pekerjaan yang dilakukan para ibu. Mungkin lebih mudah bagi seorang ibu untuk menenangkan bayi lebih cepat karena ikatan khusus yang ia bagikan dengan anaknya.

Ibu secara naluriah sering merasakan apa yang salah dengan bayi dan apa yang harus dilakukan untuk menenangkan bayi. Ibu juga memiliki ASI yang menjadi sumber nutrisi pakan utama bayi yang berkhasiat tinggi. Tapi, dengan ayah yang mencoba untuk menjaga bayi, mungkin saja keadaan bisa sedikit berbeda dan lebih sulit dilakukan.

(Baca juga : Keterlibatan Aktif Ayah Dapat Meningkatkan Keterampilan Mental Bayi)

Kebanyakan Ibu mulai merasakan hubungan dengan bayi saat ia masih berada di dalam rahim. Sementara itu, jauh lebih sulit bagi seorang ayah untuk membentuk dirinya dalam menjalani peran sebagai ayah baru. Terlebih jika ayah harus mengurus bayi sendirian karena istri sedang sakit dan tidak ada pembantu rumah tangga.

Nyatanya, bayi bisa sangat rewel, terutama selama beberapa bulan pertama kehidupan. Di masa-masa ini, bayi akan sangat sering menangis karena banyak merasakan ketidaknyamanan dan mungkin juga sering jatuh sakit.

Kolik adalah kondisi umum yang membuat bayi merasa tidak nyaman untuk jangka waktu lama. Bayi mungkin sering menangis saat menderita kolik. Setiap lonjakan pertumbuhan akan membawa tantangan baru, seperti bayi belajar berguling, tumbuh gigi dan periode lainnya

(Baca juga : 5 Peran Ayah dalam Tumbuh Kembang Anak)

Untuk itu, akan sangat bermanfaat jika Ayah juga tahu cara menenangkan bayi. Ini akan membantu Ayah membentuk ikatan lebih baik dengan bayi dan juga akan memberi Ibu waktu yang sangat dibutuhkan untuk beristirahat.

#1 Cari Tahu Apa yang Salah

Jika bayi tampak tidak nyaman atau menangis tak terkendali, coba periksa tiga hal berikut:

  1. Lihatlah apakah si kecil lapar.
  2. Periksa apakah popok bayi telah basah atau kotor.
  3. Cobalah untuk membuat bayi bersendawa.

Jika bayi sedang tumbuh gigi atau menjalani tahap lonjakan pertumbuhan lainnya, hal-hal ini mungkin tidak dapat membantu Ayah menenangkan bayi.

#2 Berikan Jari Ayah Kepada Bayi