Nutrisi Seimbang yang Perlu Diberikan Pada Batita

By Ida Rosdalina, Kamis, 29 Juni 2017 | 00:15 WIB
Ajarkan anak makan di meja makan. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Sebagai orang tua, wajar jika Ibu khawatir dengan kecukupan nutrisi anak. Anak-anak usia batita dianggap paling suka "kabur-kaburan" saat makan. Batita resah selama fase kehidupan ini dan juga sangat pilih-pilih dalam hal makanan. Apa yang harus Ibu berikan pada anak, terutama batita?

Kebanyakan orang tua batita khawatir tentang apa yang sebaiknya dimakan anak-anak, sehingga mereka bisa saja mendapatkan makanan yang diinginkan tanpa memperhatikan kandungan makanan di dalamnya.

Sebagian besar orang tua masih saja menerapkan praktik buruk ketika harus memberi makan anak-anak mereka. Salah satunya adalah saat orang tua membiarkan anak mendikte peraturan pada waktu makan atau anak yang sering makan di depan televisi.

(Baca juga : Nutrisi yang Bisa Meningkatkan Imunitas Anak)

Praktik buruk lainnya adalah memberi makan yang disukai anak. Setiap anak memiliki hal-hal yang mereka sukai lebih dibanding yang lain. Orang tua mungkin berpikir bahwa lebih baik anak makan apa yang ia suka daripada tidak makan sama sekali. Tapi, ini adalah kesalahan besar karena Ibu turut membantu anak kehilangan banyak nutrisi pada apa yang dikonsumsinya setiap hari.

1. Makanan Berlemak

Pastikan Ibu memberikan makanan berlemak untuk anak pada setiap waktu makan. Kita bisa rutin menyajikan kentang, ubi jalar, nasi, gandum, pisang raja, pisang mentah, ubi jalar dan sebagainya. Makanan ini mengandung kaya karbohidrat yang menghasilkan energi. Pastikan bahwa makanan ini tidak diisi dengan serat. Meskipun penting, terlalu banyak serat akan membuat anak cepat merasa kenyang dan tidak mau makan apa-apa lagi.

2. Buah-buahan dan Sayuran

Buah dan sayuran sangat penting untuk pertumbuhan tubuh anak. Pastikan anak cukup makan buah dan sayuran musiman. Buah-buahan seperti mangga, alpukat dan pisang tidak perlu dimasak ketika hendak diberikan pada anak. Begitu juga dengan sayuran seperti mentimun dan tomat.

(Baca juga : Seberapa Banyak Susu yang Dibutuhkan Batita)

Sementara, buah dan sayuran lainnya bisa dikukus atau direbus lalu disajikan ke anak. Jika batita sudah bisa makan rempah-rempah, makanan yang harus dimakan keluarga lainnya sudah cukup sesuai kadar gizinya. Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk diberikan teratur bagi anak usia batita.

3. Makanan Kaya akan Zat Besi Dan Protein