Biarkan Anak-anak Bermain Kotor Agar Sistem Kekebalan Tubuhnya Semakin Baik

By Ida Rosdalina, Senin, 31 Juli 2017 | 09:30 WIB
Nature Smart (Heni Wiradimaja)

Nakita.id - Sebagai orang tua, kita mungkin terlalu khawatir jika anak mulai bermain kotor-kotoran, sehingga secara refleks, kita akan coba menahannya atau cepat-cepat membersihkan seluruh kotoran yang menempel pada baju dan di badannya.

Tapi terlalu membersihkan lingkungan mereka justru memunculkan lebih banyak bahaya ketimbang manfaat. Memapar anak-anak dengan berbagai mikroba yang ada di luar rumah akan membuat sistem kekebalan mereka lebih kuat.

(Baca juga : Anak Bermain Kotor Lebih Sehat, Apa Alasannya)

Sebuah penelitian mengekspos, anak-anak yang dibebaskan bermain di alam terbuka akan memberikannya sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan lebih baik. Hal ini dituturkan langsung oleh Profesor Jack Gilbert, rekan penulis buku yang berjudul Dirt is Good: The Advantage of Germs for Your Child's Developing Immune System.

Memang, Profesor Jack dan beberapa orangtua mengklaim bahwa kecanduan kita terhadap gaya hidup yang berbasis indoor atau di luar ruangan dan tidak bersih akan melemahkan pertahanan anak-anak kita terhadap penyakit.

"Kebanyakan orang tua menganggap bahwa semua kuman itu buruk, tapi itu tidak benar. Sebagian besar hanya akan merangsang sistem kekebalan tubuh Anda dan membuat Anda lebih kuat," kata Prof Gilbert kepada The Independent.

(Baca juga : Biarkan Anak Bermain Kotor, Ini Alasannya)

"Mensterilisasi rumah seperti yang dilakukan pada rumah sakit dapat menyebabkan anak Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat sensitif, sehingga membiarkan mereka mudah terserang alergi dan asma, bahkan masalah perkembangan saraf."

Para ilmuwan percaya, bahwa tanpa terpapar kotoran dan kuman di awal kehidupan, sistem kekebalan tubuh tidak belajar mengendalikan reaksinya sehari-hari seperti debu dan serbuk sari yang berasal dari tanaman. Akibatnya, anak mudah terkena alergi dan penyakit lainnya.

Jangan khawatir tentang anak yang senang bermain becek-becekan lumpur atau paparan dari hewan peliharaan. Ketika anak-anak bermain di kebun dengan lumpur, tidak perlu segera mensterilkan tangan atau wajah mereka, menurut Prof Gilbert, yang juga seorang Direktur Microbiome Center di Universitas Chicago.

(Baca juga : Suasana Rumah yang Mendorong Anak Jadi Kreatif)

Namun, ia memperingatkan setiap orangtua untuk memasak dan mengelola daging dengan hati-hati, karena mengandung banyak patogen, sumber pembawa penyakit.