Menurunkan Berat Badan dengan Tetap Makan Malam? Ini Triknya!

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 21 Juli 2017 | 05:45 WIB
Makan malam untuk menurunkan berat badan? Bisa asal dengan trik berikut (Santi Hartono)

Nakita.id – Salah satu tantangan yang kerap datang saat kita hendak menurunkan berat badan adalah rasa lapar terutama di malam hari. Banyak yang bilang jika makan malam akan membuat berat badan kita naik terus.

Namun, Ibu tak perlu khawatir dengan makan malam. Ada baiknya Ibu memahami bahwa cara tepat untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengatur jumlah yang masuk ke dalam tubuh. Jadi bukannya a menghilangkan jam makan, tetapi ini yang perlu Ibu perhatikan.

Baca juga: Makanan Ini Boleh Dikonsumsi Sebelum Tidur Agar Berat Badan Turun

1. Makan di waktu yang tepat

Sebenarnya kapan waktu makan malam yang ideal untuk tubuh? Stephanie Clarke, RD, dari C&J Nutrition mengungkapnya idealnya Ibu perlu makan malam sekitar dua sampai tiga jam setelah snack sore. Normalnya, Ibu bisa makan pukul 7 malam hingga 7.30 malam. Waktu ini dirasa pas karena sebelum jam makan malam, Ibu bisa mengisinya dengan olahraga.

2. Makan sayuran terlebih dahulu

Saat makan malam ada baiknya mengonsumsi sayurannya terlebih dahulu. Kandungan serat dalam sayuran dapat membantu Ibu agar lebih kenyang. Kandungan serat akan memperlambat proses penyerapan makanan sehingga Ibu jadi lebih kenyang. Perbanyak asupan protein juga dapat memperlambat pelepasan gula dari karbohidrat ke aliran darah.

Baca juga: 4 Kebiasaan Makan yang Bisa Menurunkan Berat Badan Tanpa Perlu Diet 

3. Makan dengan perlahan

Penelitian dari University of Rhode Island mengungkapkan orang yang makan dengan cepat memiliki berat badan yang berlebih dibanding makannya lebih lambat. Menurut studi ini, tubuh membutuhkan waktu selama 20 menit untuk mengirim pesan ke otak sampai Ibu merasa puas dan cukup makan.

4. Jangan terlalu menahan lapar

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan adalah menahan rasa lapar yang berlebihan.Hal ini akan membuat Ibu makan banyak saat makan malam. Menurut Manuel Villacorta, RD, penulis buku Eating Free: The Carb-Friendly Way to Lose Inches, makan teratur justru dapat membantu Ibu menurunkan berat badan. Kok bisa?

Baca juga: 7 Cara Menghentikan Nafsu Ngemil Malam-Malam 

Tubuh kita ternyata mengeluarkan hormon yang disebut ghrelin yang mengendalikan rasa lapar dan nafsu makan. Salah satu cara mengendalikan ghrelin adalam makan kecil dan seimbang setiap 3 jam sekali. Hal ini disebabkan ghrelin melonjak sekitar 3 sampai 4 jam. Maka, mengonsumsi makanan dengan porsi kecil akan memabntu mengendalikan nafsu makan.(*)