Kabar Gembira Untuk Ibu Penggemar Kopi : 1 Cangkir Kopi Sehari Dapat Memperpanjang Umur!

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 28 Juli 2017 | 05:00 WIB
Ada cara mudah untuk meracik kopi yang enak dan wangi. (Dini Felicitas)

Nakita.id. - Ada kabar gembira bagi ibu penggemar kopi. Setidaknya, dua penelitian besar yang baru-baru ini dilakukan di Amerika Serikat terhadap semua rasa mengungkapkan, satu cangkir kopi setiap hari bisa membantu bertahan hidup lebih lama.

Periset menemukan bahwa peminum kopi sehari-hari memiliki kemungkinan hingga 18% untuk meninggal dalam 10 sampai 16 tahun ke depan, dibandingkan dengan yang tidak peminum.

Temuan ini- berdasarkan lebih dari 700.000 orang dewasa setengah baya dan lebih tua,  menambah daftar manfaat yang terkait dengan minum kopi moderat.

Baca juga: Waktu Tepat Untuk Minum Kopi Biar Tidak Ngantuk

Studi itu menunjukkan, kebiasaan minum kopi menurunkan risiko berbagai penyakit, mulai penyakit jantung dan diabetes tipe 2, kanker hati, hingga penyakit neurologis seperti Parkinson dan multiple sclerosis.

“Jadi kalau Anda peminum kopi, melihat berbagai keuntungan yang ada, tidak ada alasan untuk menghentikan kebiasaan itu,” kata Veronica Setiawan, peneliti senior di salah satu studi tersebut.

Selama ini kopi sering menjadi "kambing hitam" berbagai masalah kesehatan, terutama yang berhubungan dengan gangguan pencernaan dan penyakit jantung.

"Padahal, konsumsi kopi secara moderat bisa dimasukkan ke dalam gaya hidup sehat," kata Setiawan yang juga Professor Pencegahan Penyakit di Fakultas Kedokteran Univesitas Keck di California Selatan.

Untuk mendukung penelitian ini, Setiawan dkk.  menggunakan data tentang hampir 186.000 orang Amerika paruh baya dan manula dari semua ras untuk melihat kebiasan minum kopi dan rentang hidup.

Dengan pola konsisten di antara kelompok ras, termasuk orang kulit putih, kulit hitam, Latin dan Jepang-Amerika, studi tersebut menemukan, ternyata peminum kopi memiliki peluang bertahan yang jauh lebih baik. Mereka yang menenggak satu sampai tiga cangkir sehari 12% sampai 18% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal, dibandingkan dengan yang tidak peminum.

Baca juga: Tidur Sebentar Sesudah Minum Kopi Bikin Lebih Bugar

Kesimpulannya, meskipun berbeda dalam kebiasaan gaya hidup, pendidikan dan faktor lainnya, namun konsumsi kopi secara konsisten dikaitkan dengan kelangsungan hidup yang lebih baik, terlepas dari ras.