Tak Disangka, Hal Remeh ini akan Membuat Wajah 10 Tahun Lebih Muda

By Saeful Imam, Jumat, 28 Juli 2017 | 06:30 WIB
Awet muda secara alami bisa dilakukan dengan mudah (Gisela Niken)

Nakita.id – Siapa yang tak ingin punya wajah yang awet muda alami? Banyak produk-produk kecantikan yang ditawarkan untuk membuat wajah kita terlihat muda. Ternyata, Ibu tak perlu mencari atau menggunakan produk mahal. Ternyata ada hal-hal yang sering kita lakukan tapi tidak kita sadari dan membuat wajah awet muda alami.

1. Mencuci muka sebelum tidur

Setelah beraktivitas seharian, mencuci muka pasti kita lakukan untuk membersihkan kotoran yang mungkin menempel seharian. Tak disangka cara ini bisa membantu wajah kita jadi awet muda alami.

Karen M. Horton, MD, ahli bedah plastik di  Women's Plastic Surgery Center, San Francisco mengungkapkan membersihkan wajah akan membantu mengangkat sel kulit mati. Wajah yang bersih juga mendukung terbentuknya kolagen dan sel kulit wajah yang baru.

Baca juga: Mau Awet Muda, Konsumsi Makanan Ini di Usia yang Tepat 

2. Mengurangi asupan gula

Salah satu kunci agar tetap sehat adalah menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh misalnya kita membatasi asupan gula. Tidak hanya baik untuk tubuh, mengurangi asupan gula ternyata juga berpengaruh terhadap wajah.

Ava Shamban, MD, seorang dermatolog sekaligus pemilik Laser Institute for Dermatology and Skin care, Santa Monica, California mengungkapkan gula dapat melemahkan kolagen pada kulit. Hal ini akan menyebabkan kulit keriput dan kendur.

Baca juga: Kulit Awet Muda Secara Alami? Ini Rahasianya! 

3. Pijat

Berbagai alternatif pijat mulai dari pijat refleksi hingga pijat seluruh tubuh menjadi pilihan tepat menenangkan diri. Studi yang dilaporkan dalam Intensive and Critical Care Nursin Journal mengungkapkan pijat kaki selama lima menit akan meningkatkan kesehatan seseorang yang sakit.

Pijat juga membuat seseorang jadi rileks karena dapat menurunkan kadar hormon stres yakni kortisol. Hal ini baik untuk wajah karena faktor penyebab penuaan dini adalah stres. Jadi meluangkan waktu di akhir pekan untuk pijat jadi cara tepat agar awet muda alami.