Sedang Ngetrend, Ini 5 Khasiat Chia Seed yang Tak Terduga

By Saeful Imam, Senin, 7 Agustus 2017 | 06:00 WIB
Manfaat chia seeds tak terduga yang perlu Ibu ketahui (Saeful Imam)

Nakita.id – Ibu mungkin sering mendengar chia seed yang banyak dikonsumsi akhir-akhir ini.Banyak yang mengira biji-bijian ini sejenis selasih, padahal bukan. Sebenarnya, chia seed  berasal dari tanaman Salvia hispanica L. Tanaman yang tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan ini belakangan masuk ke Indoesia dan menjadi salah satu makanan organik yang cukup favorit.

Untuk mengonsumsinya, beberapa orang memasukan biji berjenis kecil ini ke dalam air minum atau dicampur dengan makanan lain karena rasanya yang hambar. Ternyata, chia seed memiliki berbagai khasiat untuk tubuh. 

Baca juga: Minum Segelas Jus ini Tiap Hari, Perut Rata dengan Cepat 

1.Menguatkan tulang

Sebanyak 28 gram chia seed ternyata memberikan 18% nilai kalsium harian yang direkomendasikan. Selain susu, Ibu bisa menggunakan biji-bijian ini bisa membantu asupan kalsium setiap hari. Hal ini membuat tulang tetap kuat dan dapat mencegah osteoporosis.

2.Membantu agar tidur lelap

Jika Ibu mengalami gangguan pada tidur, chia seed bisa jadi jawaban yang tepat untuk mengatasinya. Ternyata chia seed mengandung triptofan, asam amino yang dapat meningkatkan kadar melatonin dan serotonin. Kedua hormon ini akan membuat tidur lebih stabil dan jauh lebih nyenyak. 

Baca juga: Manfaat Biji Anggur: Bikin Kulit Wajah Mulus Hingga Meningkatkan Libido 

3.Menurunkan kolesterol

Peningkatan asupan serat sehari-hari terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol serta tekanan darah. Biji-bijian yang mengandung serat ini jadi pilihan tepat untuk menurunkan kolesterol. Sebuah studi menunjukkan peningkatan serat sebanyak 10 gram per hari akan mengurangi kolesterol. Selain itu, serat dapat menurunkan risiko peradangan dalam tubuh.

4. Mencegah kerusakan kulit

Nicholas Perricone, MD, seorang dermatolog mengungkapkan kandungan omega-3 yang tinggi membuat chia seed memiliki sifat anti-inflamasi. Hal ini akan mengurangi kemerahan atau radang pada kulit serta dapat mengatasi kulit kering.