3 Kesalahan Orangtua Saat Mengasuh Anak, Nomor Satu yang Paling Sering

By Dini Felicitas, Senin, 7 Agustus 2017 | 06:45 WIB
Ini Dampak Bila Anak Sering Dimarahi (Ipoel )

Nakita.id - Menjadi orangtua bukanlah pekerjaan mudah, dan sayangnya "ilmu" ini tidak dipelajari di sekolah. Tidak heran, banyak orangtua baru yang merasa telah melakukan kesalahan dalam mengasuh anak mereka.

Dalam sebuah forum diskusi yang diadakan oleh Reddit, terungkap bahwa hampir setiap ayah dan ibu pasti setidaknya pernah satu kali melakukan kesalahan saat mengasuh anak. Forum tersebut mengungkapkan, ada tiga kesalahan paling umum, menurut para orangtua, yang paling sering mereka lakukan. Pertama adalah bahwa orangtua sering berteriak pada anak-anak yang masih berusia muda, padahal pada usia tersebut anak belum mengerti apa yang dilakukannya adalah kesalahan.

“Mereka adalah anak-anak. Mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan itu menimbulkan suasana jadi berantakan atau suatu kesalahan. Mereka hanya bersikap seperti anak-anak. Pelan-pelan, tunjukkan pada mereka apa yang perlu mereka pelajari,” tulis salah seorang orangtua.

Selain itu, dengan membentak atau berteriak pada anak, mereka justru akan merasa takut kepada orangtuanya sendiri dan malah tidak mendapatkan pelajaran sama sekali dari sikap tersebut.

Kesalahan kedua adalah orangtua tidak pernah, atau jarang, meminta maaf dan mengaku saat melakukan kesalahan. Padahal hal yang mudah dilakukan tersebut bisa memberikan pelajaran yang sangat berharga kepada anak-anak.

Salah satu orangtua berpendapat, “Orangtua sering tidak meminta maaf. Anak-anak kadang lebih pintar daripada orangtua, dan itu harus diberikan pujian. Mereka bisa tahu saat orangtua membuat kesalahan, tapi sayangnya tidak ada orangtua yang merendahkan diri untuk mengakuinya dan meminta maaf atas kesalahannya.”

Ketiga, para orangtua mengaku mereka merasa tidak senang saat ada ayah atau ibu yang tidak menghargai dan memberikan perhatian pada kesukaan anak, meskipun hal tersebut mungkin tidak disukai orangtua.   "Hargai kesukaan anak-anak Anda dengan serius. Jika anak menunjukkan kepada Anda batu yang ditemukannya benar-benar keren, maka berikan apresiasi dengan mengakui seleranya. Tapi jika Anda tidak pernah menghargai apa pun yang mereka sukai, maka mereka akan merasa minat mereka tidak penting,” salah seorang orangtua berkata.

Sementara itu, seseorang yang mengaku sebagai psikolog anak mengatakan bahwa kesalahan terbesar yang bisa dilakukan orangtua adalah tidak berbicara dengan anak selain untuk mendisiplinkan mereka atau memberi mereka tugas. Orangtua kadang tidak meluangkan waktu untuk berbicara dari hati ke hati dengan anak, tetapi lebih suka menyuruh atau memarahi mereka.