5 Kebiasaan yang Menyebabkan Anak Terjangkit Campak dan Rubella

By Saeful Imam, Minggu, 13 Agustus 2017 | 22:30 WIB
Waspadai Campak Pada Anak (Puri)

Nakita.id – Seperti Ibu ketahui, pemerintah Indonesia sedang gencar melakukan kampanye imunisasi MR yang dapat mencegah penyakit Campak dan Rubella. Ternyata, ada penyebab Campak dan Rubella yang muncul akibat kebiasaan yang tak disadari sering kita lakukan sehari-hari. 

Baca juga: Mengenal Bahaya Campak dan Rubella, Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Imunisasi MR 

1.Tidak mau melakukan imunisasi

Tidak ada obat yang mampu mengobati kedua infeksi virus ini. Salah satu cara untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan memberinya vaksin yang berguna untuk pencegahan. Meski Rubella dianggap penyakit yang langka, infeksi ini bisa mungkin terjadi pada anak-anak. Kini, pemerintah sedang memberikan vaksin ini secara cuma-cuma! Jadi, jangan terlewat untuk diberikan kepada si kecil. 

2.Tidak menjaga jarak dengan orang yang terjangkit Campak dan Rubella

Virus Campak dan Rubella sangat mudah menyebar melalui saluran pernapasan. Scott A. Barron, MD, dokter di Orlando, Amerika Serikat mengungkapkan virus ini bahkan bisa menyebar saat orang menghirup cairan yang terinfeksi virus. Berbagi makanan atau minuman dengan seseorang yang terinfeksi menjadi cara penyebaran yang sangat mungkin terjadi. Ibu perlu mewaspadai jika di lingkungan sekitar ada yang terjangkit Campak dan Rubella. 

Baca juga: Ini 5 Fakta Seputar Imunisasi MR yang Sedang Dikampanyekan Pemerintah 

3.Kurang memenuhi asupan vitamin A

Menurut MayoClinic, salah satu penyebab seseorang terjangkit Rubella dan Campak adalah kekurangan vitamin A. Jenis vitamin ini memiliki anti-oksidan yang cukup tinggi sehingga bermain penting dalam menjaga kesehatan serta mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh. Wortel, brokoli, ikan tuna serta melon menjadi sumber vitamin A yang baik untuk tubuh.

4.Tidak menjaga kebersihan

Selain melalui makanan atau minuman, virus ini juga bisa menyebar ketika seseorang yang terjangkit Campak dan Rubella batuk atau bersin. Maka, kebiasaan seperti mencuci tangan sebelum makan dan sesudah dari toilet bisa jadi cara menurunkan risiko terpapar kedua virus ini.

Baca juga: Mengenal Penyakit Rubella pada Kehamilan yang Dapat Mengancam Pertumbuhan Janin